Dua Kasus Positif Covid-19 di Riau Petugas Medis dan Karyawan Rumah Sakit

Swab5.jpg
(istimewa)

Laporan LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Swab massal yang gencar dilakukan beberapa waktu lalu di salah satu rumah sakit mampu menjaring 11 kasus baru hingga Minggu 26 Juli 2020.

Dari 11 kasus tersebut, dua di antaranya merupakan peserta Swab massal di salah satu rumah sakit di Pekanbaru.

Mereka mengikuti Swab massal pada Kamis 23 Juli 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada Riau Online mengatakan dua kasus positif tersebut memang merupakan hasil Swab terhadap petugas medis dan karyawan di rumah sakit.

Namun tambah kasus ini dipastikan belum berakhir.

Pasalnya pegawai dan tenaga medis di RS tersebut lebih dari 1000 orang.

"Ada dua kasus lagi ditemukan saat swab massal pada 23 Juli lalu. Kegiatan Swab massal ini tentunya terus dilakukan hingga semua tenaga medis dan karyawan mengikuti Swab massal. Kegiatannya tidak bisa digelar sekaligus pada hari yang sama, sebab pegawai yang bekerja di RS tersebut lebih dari 1000 orang," jelas Mimi.

Dua kasus positif tersebut yaitu pasien ke-373 positif covid-19 tuan E (37) warga Kota Pekanbaru yang mengikuti pemeriksaan Swab masal di Kota Pekanbaru pada tanggal 23 Juli 2020 dengan hasil dinyatakan Positif Covid-19.

Namun belum diketahui riwayat penularan dari E karena tidak memiliki riwayat perjalanan dan riwayat kontak erat dengan pasien positif covid-19.

"Satu lagi yaitu pasien 374 nyonya SR (45) warga Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru. Ia juga peserta wab massal dan belum diketahui riwayat penularannya," ungkap Mimi.

Sementara itu dari 11 kasus positif per Ahad 26 Juli 2020, selain tiga kasus merupakan warga Jawa Timur, lima kasus merupakan warga Kota Pekanbaru.

Sedangkan sisanya merupakan warga Rokan Hulu dua kasus dan Kepulauan Meranti satu kasus.