Gara-gara Ini, 2 TPS di Kampar Gelar Pemungutan Suara Ulang

Pilkada-Serentak3.jpg
(Internet)

 

RIAU ONLINE, BANGKINANG KOTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua tempat pemungutan suara. PSU pertama digelar di TPS 3 Desa Pulau Tinggi Kecamatan Kampar, Kamis, 28 Juni 2018.

Ketua Panwaslu Kampar, Marhaliman yang ikut memantau langsung PSU mengungkapkan, partisipasi masyarakat cukup tinggi untuk menghadiri PSU yang digelar mulai pukul 07.00 WIB.

"Dari 378 DPT, hingga pukul 11.00 WIB ini sudah 150 pemilih, proses PSU berjalan dengan baik sesuai dengan harapan," ujar Marhaliman.

Ia juga mengungkapkan PSU di TPS 3 Desa Pulau Tinggi disebabkan adanya oknum Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) berinisial SY melakukan 2 kali pencoblosan.

"Yang bersangkutan sudah kita periksa di Panwaslu Kabupaten, berdasarkan keterangannya, dia mencoblos 2 kali untuk mewakili istrinya karena sedang sakit, saat ini persoalan ini masih dikaji di tingkat Gakkumdu, batas pemeriksaannya maksimal 5 hari, nanti kita bisa dapatkan hasilnya," terang Marhaliman.

Baca Juga Lima TPS di Riau Masih Mencoblos

Selain di Desa Pulau Tinggi, PSU juga akan dilakukan di Desa Gajah Bertalut Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Sabtu, 20 Juni 2018 mendatang. Dari keterangan Marhaliman, PSU dilakukan karena kekurangan surat suara saat pencoblosan kemarin.

"Di TPS 1 ini kekurangan surat suara kemarin, dari DPT 293 orang, surat suara hanya 63, sebenernya berdasarkan peraturan yang ada, bisa meminjamkan surat suara ke TPS lain, namun karena kondisi akses yang sulit di daerah tersebut yang menggunakan transportasi air, diperparah lagi dengan susahnya signal, hal itu tidak bisa dilakukan. Berdasarkan surat rekomendasi PPK untuk digelarnya PSU, dan KPU Kampar setuju melakukan PSU Sabtu mendatang," beber Mantan Ketua Panwascam Bangkinang Kota tersebut. (*)