Syamsuar Hadiri Penabalan Datuk untuk Nurhamin dan Danyon Salo

Syamsuar-Hadiri-Penabalan-Datuok-di-Kampar.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

Laporan: EFFENDI 

RIAU ONLINE, BANGKINANG - Dua putra terbaik Kenegarian Kampar, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau, Nurhamin dan Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 132/Bima Sakti, Salo, Mayor Inf Aidil Amin, Kamis, 25 Mei 2017, ditabalkan sebagai dotuok (datuk) oleh Lembaga Adat Kenegarian Kampa. 

Penabalan gelar datuk bagi kedua orang tersebut, langsung disaksikan oleh Bupati Siak, Syamsuar, yang duduk berdampingan dengan Nurhamin dan Aidil Amin, di Desa Pasar Kampar, Kecamatan Kampar. 

Bupati Syamsuar Hadiri Malewakan Gelar Datuk

Nurhamin menerima gelar Datuk Amanah Kampa. Sedangkan Mayor Inf Adil Amin Datuk Palo Panglimo Kampar. Selain kehadiran Syamsuar, penabalan tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli. 

Baca Juga: Wow, Syamsuar Dianugerahi Gelar Kehormatan Dari Keraton Surakarta

Bupati Syamsuar Terima Uluran dan Jabat Tangan

Gelar ini, kata seorang pemangku adat Kampa, Siompu Rina Adianti Hasan, sifatnya tidak melekat pada keturunan mereka yang menerima gelar.

Ia menjelaskan, gelar diberikan karena ketokohan, godang, bosau, dan bertuahnya mereka mendapat gelar adat. Mereka yang mendapat gelar adat ini adalah anak watan atau masyarakat setempat.

Bupati Siak Syamsuar Hadiri Penabalan Dua Datuk Kampa

 "Gelar adat ini karena bersangkutan membawa nama baik kampungnya. Keduanya cukup luar biasa ketohannya," kata Rina.

Kepada wartawan, Syamsuar, mengucapkan selamat kepada dua tokoh mendapat gelar tersebut, semoga amanah adat ini menjadi pemicu bagi yang lainnya untuk berbuat yang terbaik untuk kampung dan umumnya untuk Riau.

Bupati Siak Syamsuar Hadiri Penabalan Dua Datuk Kampa

Penobatan gelar daruk tersebut ditandai dengan pemasangan detau atau tanjak, serta menyelitkan koghi atau keris kepada kedua datuk. Bupati Kampar, Aziz Zaenal, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bupati Siak, Syamsuar, telah berkenan hadir dalam gelar adat ini.

Klik Juga: Viral, Jadi Yatim Piatu, Bupati Syamsuar Cium Kening Lutfi Hakim

Bupati Siak Makan Lontong Serap Aspirasi Pedagang dan Warga

Ucapan sama juga dikatakan Aziz kepada Ketua DPRD Riau, Septina Primawati Rusli. Aziz sempat berpetatah petitih, soal tali berpiling tigo. Yakni, wujud dari pemerintahan, agama, dan adat. Kesemuanya harus bersatu sesuai dengan peran masing-masing.

Bupati Siak Syamsuar Hadiri Penabalan Dua Datuk Kampa

"Ambo raso, keterikatan tali berpilin tigo ini membuat kito bersatu untuk Kampar lebih maju lagi. Kepada putra terbaik Kampar yang mendapat gelar datuok ini saya ucapkan selamat dan terima kasih karena membawa nama Kampar lebih baik," pungkas Aziz dalam rilis yang diterima RIAUONLINE.CO.ID

Bupati Siak Syamsuar Hadiri Penabalan Dua Datuk Kampa

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline