Sampah Bikin Warga Kompak, Kapolda Kirim Truk, Hamdani Pikap, Pak Wali ?

truk-dan-pikap-kapolda.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Semenjak Kota Pekanbaru punya banyak gunungan sampah, serentak membuat warga dan pejabatnya kompak. 

 

Kota Pekanbaru sebagai Ibu Kota Provinsi Riau, tentunya warga dan pejabatnya menginginkan Kota Madani ini indah, bersih, rapi, tidak ada bau busuk karena sampah, serta keinginan menjadi Kota Smart City. 

 

Namun, semenjak awal tahun 2021, pemandangan pojok-pojok kota, sepanjang ruas jalan, serta tempat pemungutan sampah (TPS) menjadi sorotan dan perbincangan warga Pekanbaru. 

 

Hal ini terjadi karena tumpukan sampah bak seperti gunung, menumpuk, serta berserakan belum juga diangkut-angkut oleh mobil pengangkut sampah atau mobil kebersihan milik Pemerintah Kota Pekanbaru. 

 

 

 

Tumpukan sampah membuat warga Pekanbaru terganggu, seperti bau busuk, belatung berserakan, bahkan warga mengeluhkan belatung memasuki area masjid.

 

Atas keresahan warga Pekanbaru perihal tumpukan sampah malah membuat masyarakatnya kompak, apa saja bukti kekompakan warga Pekanbaru ?

 

Warga Pekanbaru Gotong Royong Bersama Atasi Tumpukan Sampah

 

Satu unit ekskavator membantu proses pengangkutan sampah yang menumpuk di areal Pasar Palapa, Jalan Durian, Kota Pekanbaru. Proses pengangkutan sampah berlangsung hingga Rabu, 6 Januari 2021 malam.

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, aroma busuk begitu menyengat di sekitar lokasi. Tampak ratusan belatung sudah menjalar dari tumpukan sampah yang tengah dikeruk. 

 

Belatung hinggap di parit atau selokan sekitar Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

 

"Warganya telah melakukan gotong royong bersama lurah dan camat. Kita berupaya agar seluruh sampah yang menumpuk bisa terangkut ke TPA Muara Fajar," kata Hermes Ipung, RT setempat. 

 

Kapolda Riau Gotong Royong Kerahkan Truk Bareng Personel, Warga Ucapkan Terimkasih

 

Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi mengerahkan satu unit truk untuk mengangkut sampah yang menumpuk di depan Masjid Muawwanah, jalan MH Thamrin, Kecamatan Sail, Pekanbaru, Rabu, 5 Januari 2021.

Kapolda Agung memerintahkan personelnya turut membersihkan sampah yang menggunung.

 

Warga jalan Thamrin, Amiruddin Agara berterimakasih kepada Kapolda dan jajaran atas atensi yang diberikan terhadap lingkungannya. Warga mengaku sangat terbantu oleh polisi yang turut serta membersihkan tumpukan sampah.

 

"Mulai tadi pagi sampah diangkut menggunakan truk pengangkut sampah yang dibantu oleh personel Polda Riau. Kita angkat topi untuk Kapolda yang telah peduli dengan sampah ini," ucap Amirruddin kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu 5 Januari 2021.

 

Ketua DPRD Pekanbaru Angkut Sampah Pakai Mobil Pick Up

 

Mulai pagi hari hingga sore, Rabu, 6 Januari 2021, mobil pick up bertuliskan 'Ayo Bersama Jaga Kebersihan Kota Pekanbaru Tercinta' mulai menyisir jalan-jalan di Kelurahan Wonorejo, Marpoyan Damai, Pekanbaru.

 

Di sisi kiri dan kanan pick up tersebut, terpajang wajah Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani, beserta logo Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan tagar #PKSPelayanRakyat.

 

"Banyak warga, konstituen saya di Daerah Pemilihan (Dapil) Marpoyan Damai dan Bukit Raya mengeluhkan sampah-sampah tak terangkut sejak akhir tahun 2020 silam hingga kini. Inilah jawabannya," kata Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani.

 

Dengar Keluhan dan Aspirasi, serta Bantu Ekonomi Warga

 

Ketua DPRD Pekanbaru, Hamdani menceritakan bahwa sopir dan tiga pekerja yang mengangkut sampah menggunakan mobil pick up merupakan warga selama ini terdampak ekonominya. 

 

Ia melanjutkan ceritanya, langkah konkrit ini dilakukan guna menjawab keresahan warga akan sampah selama ini sudah membusuk tak terangkut. Mereka berharap sampah tersebut bisa dibawa ke tempat pembuangan seperti selama ini.

 

"Sebagai wakil rakyat, tentu saya harus mendengarkan keluhan dan aspirasi mereka. Mobil pengangkut sampah ini besok akan tetap bekerja menyisir jalan demi jalan di Dapil. Semoga langkah kecil ini mampu membersihkan kota kita semua," harap politisi PKS tersebut.

 

Nah, dengan adanya tumpukan sampah yang menggunung membuat serentak warga Pekanbaru saling bahu membahu, saling bergotong royong untuk membersihkan dan mengangkut sampah.

 

 

Lalu, warga Pekanbaru bertanya, apa yang sudah dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru, kemana Walikota Pekanbaru yang seharusnya turun dan mencari solusi cepat atas permasalahan sampah ini ?