Korsleting jadi Biang Kebakaran Seratusan Bangunan di Pekanbaru

Kebakaran8.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Pekanbaru merilis jumlah kebakaran yang terjadi dari Januari hingga awal Desember 2020 mencapai 155 kejadian.

 

Paling banyak terjadi kebakaran bangunan. Jumlahnya mencapai 120 kejadian. Ada juga sebelas kebakaran lahan terjadi sepanjang 2020 ini.

 

 

 

Tim dari DPKP Kota Pekanbaru juga membantu upaya pemadaman kebakaran kendaraan. Ada 13 kebakaran kendaraan yang mereka tangani selama hampir satu tahun ini.

 

"Kita imbau masyarakat waspada, sebab kebakaran bangunan masih mendominasi," jelas Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning, Selasa 8 Desember 2020.

 

Menurutnya, mayoritas penyebab kebakaran bangunan akibat arus pendek. Pada umumnya yang terbakar adalah bangunan yang sudah lama sebab terbuat dari papan.

 

Burhan mengajak masyarakat agar mengantisipasi bahaya kebakaran. Caranya dengan menyiapkan alat pemadam berupa racun api di rumah.

 

"Kami ingatkan bisa menyiapkan alat pemadam, guna mengantisipasi kebakaran," ajaknya.

 

Setiap bulan kebakaran terjadi di kota ini. Kebakaran paling banyak terjadi pada bulan Agustus 2020. Total ada 28 kebakaran, 24 di antaranya kebakaran bangunan.

 

 

Kemudian di bulan Januari dan Oktober juga terjadi belasan kebakaran dalam satu bulan. Terhitung ada 18 kebakaran.