Pendiri Kutilang Riau Raih Juara 3 Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional 2020

Santi-Setyaningsih2.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU –Perwakilan dari Provinsi Riau Santi Setyaningsih, berhasil menjadi juara 3 di ajang Pemilihan Pemuda Pelopor Nasional 2020.

 

Acara ini yang disiarkan di televisi nasional pada hari Senin, 26 Oktober 2020.

 

Santi menjadi perwakilan Provinsi Riau kategori pendidikan dan inovasi. Santi mendemonstrasikan metode pembelajaran bahasa isyarat secara teori yang kaya akan visualisai. 

 

 

 

“Ini saya maksudkan untuk menarik perhatian anak tuli karena anak tuli inilah yang paling rentan dalam memahami literasi,” ujarnya.

 

Santi mendirikan Komunitas Tuli Lancang Kuning (Kutilang) Riau agar masyarakat dapat teredukasi dengan baik terhadap kebutuhan teman disabilitas. Diketahui teman disabilitas kerap kesulitan mengakses informasi termasuk layanan publik.

 

Bagi teman tuli sangat butuh Juru Bahasa Isyarat (JBI) untuk mengakses layanan informasi.

 

“Di Riau belum ada JBI sama sekali maka Kutilang inilah yang bisa melahirkan JBI pertama di Provinsi Riau,” katanya. 

 

Bekal inilah yang ia bawa untuk dipertandingkan di tingkat Nasional. Ia sempat bersilaturahmi oleh Gubernur Provinsi Riau dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga.

 

“Alhamdulillah didukung penuh dan dari Kadipora Kota Pekanbaru serta Wakil Walikota Ayat Cahyadi pun mendukung. Jadi aku semangat deh buat persiapannya,” katanya.

 

Santi mengaku saat mengikuti lomba di Jakarta ia banyak bertemu dengan pemuda hebat lainnya dari seluruh Indonesia. Ia sempat berharap bisa bertemu dengan peserta yang juga disabilitas.

 

“Ternyata hanya saya seorang peserta disabilitas (tuli) satu-satunya,” ungkapnya. 

 

 

Saat acara pemilihan berlangsung Santi sangat semangat menyampaikan gagasannya terkait Juru Bahasa Isyarat dan edukasi tentang kebutuhan teman disabilitas khususnya bagi teman tuli dalam mendapatkan akses pelayanan publik.