Aktual, Independen dan Terpercaya
ÔĽŅ

Pemprov Riau Prediksi, Kebutuhan Pokok Naik Harga Jelang Lebaran

Kepala-Dinas-Ketahanan-Pangan-Provinsi-Riau-Darmansyah.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Darmansyah menyebutkan bahwa menjelang Idul Fitri 1439 H nanti, akan ada kebutuhan pokok di Provinsi Riau yang mengalami kenaikan harga.

Kenaikan harga kebutuhan pokok salah satunya akan terjadi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Terlebih lagi, memang di Rohil setiap tahun mengalami kenaikan harga terutama menjelang hari besar keagamaan.

Namun naikknya harga itu menurutnya masih dalam batas normal dan wajar mengingat tingginya jumlah pasokan bahan pokok yang didatangkan dari luar Provinsi Riau.

"Persoalannya nanti akan ada beberapa komoditi saat lebaran nanti yang akan berfluktuasi. Tapi naiknya tidak signifikan. Katakan telor akan naik menjadi Rp 2000 untuk setiap papannya," katanya di kantor Gubernur Riau, Senin, 21 Mei 2018.

Selain itu, wilayah pemasok kebutuhan pokok untuk Riau seperti Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sumatera Selatan bahkan Pulau Jawa kini tengah dalam kondisi panen hebat. Sehingga kekurangan tersebut akan dengan cepat tertutupi jika di antara satu wilayah tak lagi mampu mencukupi kebutuhan pokok di Riau.

"Itu karena beberapa wilayah pemasok kita sedang panen. Kebutuhan pokok kita itu seperti beras, dimana 70 persen masih dikirim dari tetangga. Lainnya seperti cabai yang kini dalam posisi aman karena dibantu oleh Pulau Jawa," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online, 

Follow Instagram riauonline.co.id