Aktual, Independen dan Terpercaya


Da Ops Manggala Agni Kembali Patroli Pencegahan Karhutla

Da-Ops-Karhutla.jpg
(ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Setelah sukses melakukan patroli terpadu pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) fase I, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Daerah Operasi (Daops) Manggala Agni di Riau ini kembali lakukan hal serupa untuk yang ke-dua kalinya.

Kepala Daops Pekanbaru, Edwin Putra mengatakan bahwa kegiatan pencegahan karhutla ini serentak di lakukan di empat markas mereka.

"Pencegahan karhutla ini serentak dilakukan di empat markas kami seperti Daops Pekanbaru, Dumai, Siak dan Rengat yang diawali dengan apel pelepasan personil patroli terpadu fase II," katanya, Rabu, 2 Mei 2018.

Edwin menambahkan bahwa patroli seperti ini merupakan upaya yang tepat untuk mencegah kembalinya terjadi karhutka pada tingkatan tapak.

Untuk itu mereka kembali lakukan hal serupa untuk ke-dua kalinya.

"Patdu seperti ini merupakan langkah tepat dan strategis untuk mencegah karhutla di tingkat tapak bersama TNI, Polri dan Masyarakat," jelasnya.

Sehingga harapannya dengan upaya seperti ini akan menambah kekompakan dan solidaritas dari tim satgas untuk mencegah terjadinya karhutla.

Pada aksi ini mereka melibatkan 15 Posko yang tersebar di empat Kabupaten dan kota dengan jangkauan mencapai 44 desa rawan karhutla.

Juga selama melakukan patroli mereka melakukan penjagaan intensif di daerah rawan, melakukan pemantauan aktifitas masyarakat, sosialisasi, pemantauan sumber air dan bahan bakar sampai melakukan pembinaan terhadap Masyarakat Peduli Api (MPA).

"Selain itu upaya ini diharapkan dapat memperkuat satgas yang berjuang sejak awal tahun dalam mempertahankan Riau bebas asap serta menyukseskan ASIAN GAMES 2018 di Palembang-Jakarta pada bulan Agustus 2018," tutupnya.(2)