Kendala Ini Masih Hantui Pelaksanaan UNBK di Riau

Kadisdik-Riau-di-smk-2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Pendidikan Riau, Indra Agus Lukman mengakui bahwa sampai saat ini ribuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang tengah mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) masih harap-harap cemas dan terus dihantui oleh buruknya jaringan yang tersedia.

Pasalnya, buruknya jaringan sangat mempengaruhi dan menjadi kendala bagi siswa dalam mengerjakan UNBK.

Padahal, Indra sudah memastikan bahwa sudah ada kerjasama antara Kemeterian Pendidikan dengan provider yang kali ini dipegang oleh Telkom Indonesia agar saat pelaksanaan UNBK dapat berjalan dengan lancar.

"Walaupun sampai saat ini terpantau aman, tapi UNBK tahun ini jaringan masih menjadi kendala. Padahal kita sudah teken Memorandum of Understanding (MoU) antara Menteri Pendidikan dengan provider pelaksana jaringan," katanya di SMK 2 Pekanbaru, Jalan Pattimura, Senin, 2 April 2018.

Baca Juga UNBK, Dewan Harapkan Tidak Ada Pungutan

Tambahnya, kendala itu terjadi terutama di saat jam-jam sibuk saat masyarakat dan pengguna jasa Telkomsel lainnya yang ada di Riau tengah berselancar di dunia maya.

Gangguan itu, menurutnya, disebabkan karena provider tidak memberikan jaringan khusus untuk pelaksaan UNBK. Sehingga para siswa dalam mengerjakan soal harus berbagi jaringan dengan masyarakat lainnya, dimana dalam pelaksanaan untuk siswa SMK jadwalnya sudah dimulai hari ini, Senin, 2 April 2018 hingga tanggal 5 April 2018 mendatang.

"Kendalanya itu apalagi di saat-saat masuk jam kerja atau aktivitas orang tengah sibuk-sibuknya," imbuhnya.

Harapannya, di tahun mendatang akan ada solusi dari pihak penyelenggara jaringan untuk mengutamakan pelaksanaan UNBK di Riau agar dapat berjalan tanpa ada gangguan.

Klik Juga Inilah Sebabnya Masih Ada Sekolah di Riau Belum Laksanakan UNBK

"Mungkin nanti ada solusi lain. Terutama UNBK ini harus diutamakan. Sekarang jaringannya masih secara umum. Apalagi ini masalahnya kapasitas, bukan yang lain. Leletnya itu karena aktivitas jaringan itu sedang ramai," jelasnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id