Potensi Riau Besar, Tapi Hanya Satu yang Terdaftar

Kepala-Kantor-Wilayah-Kementerian-Hukum-dan-HAM-Riau.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Dewa Putu Gede menyayangkan sedikitnya produk asli Riau yang telah terdaftar pada negara sebagai indikasi geografis asli Riau.

Padahal, Riau memiliki begitu banyak potensi yang apabila digali lebih dalam akan memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sampai kesejahteraan.

"Saat ini baru hanya ada satu indikasi geografis di Riau yang terdaftar, yaitu Kopi Liberika dari Kabupaten Meranti," katanya sa

Jumlah yang sangat sedikit itu berbanding terbalik dengan kondisi Riau yang menurutnya memiliki potensi besar karena dihadiahi oleh kekayaan alam serta budaya yang beragam.

Dengan telah terdaftarnya Kopi Liberika dari Kabupaten Meranti tersebut, maka produk geografis Riau akan mendapatkan perlindungan hukum. Sehingga manfaat ekonominya dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat Riau.

Berbagai macam paten dan merek dapat menghasilkan keuntungan besar serta memberikan kontribusi terutama meningkatkan perekonomian negara.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (KI) Kementerian Hukum dan HAM, Freddy Harris mengatakan bahwa untuk mendaftar produk asli Riau sangatlah mudah.

"Untuk caranya mendaftarkannya sangat mudah, tidak seperti dulu yang rumit dan tahun depan dijadwalkan semuanya bisa dilakukan secara online," imbuhnya.

Bahkan dirinya siap terjun langsung untuk memberikan asistensi bagi masyarakat yang kesulitan dalam mendaftarkan kekayaan intelektual indikasi geografis.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id