Milad ke-12, UIN Suska Riau Gelar Expo di Islamic Center

Potong-pita-di-uin.jpg
(RIAONLINE.CO.ID/NANDA FADILLA SARI)

LAPORAN: NANDA FADILLA SARI

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bersempena dengan Milad ke-13, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau melangsungkan EXPO di halaman Gedung Islamic Center UIN Suska Riau, Sabtu, 24 Februari 2018.

Acara Expo UIN Suska ini akan berlangsung dari Sabtu, 24 Februari hingga Rabu, 28 Februari 2018 dengan penutupan acara penyelenggaraan wisuda.

Plt Gubernur Riau yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada para Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia.

"Selamat datang di bumi lancang kuning ini, semoga silahturahmi kita berjalan dengan lancar dan kami dari tuan rumah Kota Pekanbaru Riau menerima baik kedatangan rektor PTAIN se-Indonesia," ujarnya.

Acara ini juga dihadiri oleh 10 Rektor Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) se-Indonesia, tiga di antaranya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, Rektor UIN Sultan Maulana Hasannudin. Banten, Rektor UIN Raden Patah Palembang.

"Selamat dan terima kasih serta memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja yg sudah dilakukan oleh segenap civitas akademika UIN Suska terhadap kepemimpinan Munzir Hitami, dan tidak akan lupa kebanggaaan untuk beliau karena 320.000 mahasiswa dipimpin dengan sangat luar biasa," ucap Sekretaris Jendral Kementrian Agama Republik Indonesia Nur Syam.

Tidak hanya itu, Nur Syam juga menyinggung persoalan tentang Inovasi atau penemuan baru seperti mengenai animasi-animasi.

"Kapan generasi kita bisa menciptakan animasi yang sesuai dengan karakter genersi kita, supaya kedepan bisa memiliki bahan-bahan untuk dilihat sebagai tontonan yang berkarakter Islam, seperti di vietnam dan thailand," jelasnya.

Tambahnya, generasi muda harus selalu berpikir proaktif bahwa lembaga perguruan tinggi adalah tempatnya inovasi yang tiada henti dan selalu dihasilkan dengan temuan baru, yang selalu datang. Sebab itu, kata dia, perguruan tunggi harus berada satu langkah di depan karena pemerintah sangat mengharapkan pengembangan masyarakat benergara dan berbangsa.

"Saya berharap PTAIN ini mampu menemukan sesuatu yang baru, yang akan membangun khasanah perguruan tinggi dan terkenal baik nasional maupun internasional, serta menghasilkan teori baru atau konsep-konsep penemuan," tutupnya.

Acara EXpo ini dimeriahkan oleh beberapa stand dari fakultas, kepegawaian dan akademik serta perlombaan dari mahasiswa. Seperti Fakultas Pertanian dan Peternakan yang menampilkan atau memperlihatkan tanaman hidroponik, Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan Suska TV dan Suska FM, dan begitu juga dengan fakultas lainnya.

Acara yang dibuka pada jam 09.30, diawali dengan pemotongan pita oleh Rektor UIN Suska Riau Munzir Hitami, Sekretaris Jendral Kementrian Agama Republik Indonesia Nur Syamdan Plt Gubernur Riau yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie beserta Wakapolresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardi Priadinata.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id