Aktual, Independen dan Terpercaya


GenBI Riau Tanam 1.000 Pohon dan Bersih-bersih Sampah di Pekanbaru

GenBI-Peduli-Lingkungan.jpg
(Fatma Kumala)

Laporan: FATMA KUMALA

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Riau terus konsisten dalam gerakan peduli lingkungan. Salah satu kegiatan yang baru-baru ini dilaksanakan antara lain kegiatan penanaman 10.000 bibit pohon di beberapa titik di Pekanbaru.

Diantaranya di Universitas Riau, UIN Suska Riau, Sekolah Menengah Atas (SMA) serta Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pekanbaru. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan pemungutan sampah di Landmark Kota Pekanbaru.

Ketua GenBI Riau, Aji Dwi Pamungkas mengatakan, perlu aksi nyata yang lebih untuk mengajak masyarakat bekerjasama bergerak menjaga kelestarian lingkungan.

"Bentuk nyata itu GenBI Riau implementasikan dengan melakukan kegiatan Kampanye Cinta Lingkungan. Kali ini kami bersama anak-anak muda Kota Pekanbaru yang sedang CFD membawa atribut spanduk Cinta Lingkungan dan mengajak pengunjung CFD untuk sama-sama peduli dengan kelestarian lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan," katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin 27 November 2017.

Selain itu, GenBi juga mengajak masyarakat untuk dapat mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai guna dan tidak membuang sampah di sungai atau parit yang bisa menyebabkan banjir. Ajakan untuk mencintai lingkungan juga ditunjukkan oleh GenBI Riau dengan memungut sampah yang dibuang sembarangan di area CFD.

Selanjutnya, untuk memeriahkan kegiatan tersebut, GenBI Riau juga melakukan kegiatan dialog interaktif dengan menggandeng Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekanbaru, Weni. Dalam dialog tersebut, Weni menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi usaha GenBI Riau untuk melakukan kegiatan Kampanye Cinta Lingkungan tersebut.

"Saya berharap melalui kegiatan ini dapat memberikan inspirasi bagi anak-anak muda lainnya," ujarnya.

Dalam kegiatan ini, GenBI Riau juga melakukan kegiatan lomba dengan tema Cinta Lingkungan seperti lomba fashion show peragaan busana dari barang-barang bekas,lomba melukis dengan tema Cinta Lingkungan, dan lomba daur ulang sampah.

"Lomba melukis dengan tema Cinta Lingkungan, lomba ini mendapat respon yang positif oleh masyarakat dan cukup banyak masyarakat yang mengikuti lomba ini. Terus lomba daur ulang sampah ini diadakan untuk memberikan pandangan kepada masyarakat bahwa barang-barang yang dianggap tidak memiliki nilai guna selama ini justru bisa diolah menjadi barang yang memiliki nilai ekonomis," jelas Aji.

GenBI Riau mendapatkan respon yang positif dari masyarakat dengan diadakannya kegiatan Cinta Lingkungan ini. Kondisi ini terlihat dari cukup banyaknya masyarakat yang mau ikut serta dengan menandatangani Komitmen Cinta Lingkungan. Kemudian, cukup banyak juga masyarakat yang mau membeli PIN Peduli Lingkungan GenBI Riau.

"Diharapkan dengan adanya kegiatan ini tidak hanya memberikan inspirasi bagi masyarakat akan tetapi juga dapat menyadarkan masyarakat untuk melestarikan lingkungan sebagai warisan generasi berikutnya," tutupnya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id