Syamsuar-Harris Mesra Saling Serahkan Aset SD

BUPATI-Siak-dan-Bupati-Pelalawan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/FAKHRUR RODZI)

RIAU ONLINE, SIAK - Pemerintah Kabupaten Pelalawan dan Siak saling menyerahkan aset sekolah selama ini dibangun serta dibiayai oleh masing-masing daerah.

Aset diserahkan tersebut berupa bangunan SDN. Pemkab Siak menyerahkan bangunan dan aset SDN 08 Bukit Agung, Kecamatan Kerinci Kanan, yang berada di wilayah Kabupaten Pelalawan, ke Pemkab Pelalawan. Aset tersebut dibangun oleh Pemkab Siak.

Sedangkan, Pemkab Pelalawan menyerahkan aset SDN 010 Delima Jaya, Kecamatan Kerinci Kanan, Pelalawan ke Pemkab Siak.

Baca Juga: Siak Borong Adipura Dan Adiwiyata, Pekanbaru Nihil Penghargaan

"Ini merupakan bagian dari penyelesaian tapal batas di antara kedua kabupaten. Alhamdulillah, hari ini bisa kita selesaikan dan tindaklanjuti," kata Bupati Siak, Syamsuar, Senin, 27 Februari 2017, di Kantor Bupati Siak, usai menandatangani Naskah Perjanjian Hibah Daerah.

Sementara itu, Bupati Pelalawan, Muhammad Harris mengatakan, penyerahan aset ini merupakan upaya menghindari jangan sampai ada tumpang tindih.

"Penyerahan ini merupakan upaya untuk jangan sampai tumpang tindih pengelolaan aset," kata Harris.

SD 010, di Desa Delima Jaya SP 1, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, ternyata sejak tahun 2007 lalu dibiayai melalui APBD Kabupaten Pelalawan. Nilainya mencapai ratusan juta rupiah setiap tahunnya.

Klik Juga: Wow, Polres Siak Luncurkan Aplikasi Pengaduan Online "Si-Polin"

Ironisnya, SD yang memiliki siswa keseluruhan 127 siswa ini, hanya 1 siswa yang asli Kabupaten Pelalawan, selebihnya berasal dari Kabupaten Siak. Ditambah lagi 13 orang gurunya yang semuanya ditanggung oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan.

Hal ini terjadi akibat tapal batas antara kedua kabupaten saat itu belum ada kesepakatan. Sementara saat itu lokasi sekolah berdiri di wilayah Pelalawan, sehingga sampai sekarang sekolah tersebut masih dibiayai oleh Pemkab Pelalawan walaupun daerahnya masuk kabupaten Siak.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline