Aktual, Independen dan Terpercaya


Rumah Sakit di Pekanbaru Minim Bank Darah

Ilustrasi-Golongan-Darah.jpg
(INTERNET)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Bagian Pelayanan UUD-PMI Kota Pekanbaru, dr Dian Singgih mengatakan bahwa tidak semua Rumah Sakit (RS) di Pekanbaru memiliki bank darah untuk menangani cito.

 

Cito, sebutan untuk situasi pasien darurat atau harus ditangani segera merupakan istilah yang diberikan oleh para tenaga medis dimana pasien tersebut dikategorikan dalam kondisi yang parah.

 

"Hanya beberapa RS saja yang memiliki bank darah dalam penanganan cito. Diantaranya adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Eka Hospital, Santa Maria, Ibnu Sina dan yang terakhir Awal bros Jalan Jenderal Sudirman dan Panam," ucapnya di Pekanbaru, Selasa 27 September 2016.

 

Diharapkannya nantinya seluruh RS yang memikili ruang operasi di Pekanbaru memiliki bank darah termasuk RS Ibu dan anak.

Baca Juga: Belum Buka, RSUD Arifin Ahmad Ramai Sejak Pagi

 

"Seharusnya RS yang mempunyai ruang operasi itu memiliki bank darah. Jadi masyarakat tentunya tidak dipersulit dengan kondisi darurat yang dijalani oleh salah satu keluarganya di RS," tambahnya.‎

 

Selama ini RS yang tidak memiliki ‎bank darah harus mendatangi PMI Kota Pekanbaru untuk meminta sejumlah golongan darah yang tidak merek miliki.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline