Upacara HUT ke-59 Provinsi Riau Tinggalkan Catatan Tak Sedap

ASN-Bandel2.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-59 Provinsi Riau di halaman Kantor Gubernur, Selasa, 9 Agustus 2016, tidak sekhidmat penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya. 

 

Pantauan RIAUONLINE.CO.ID, tidak khidmatnya peringatan tersebut tak terlepas dari orang-orang yang menyelenggarakannya serta ditambah Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS) tidak disiplin. 

 

Sebagai Komandan Upacara, Wali Kota Dumai, Zul AS, sudah berumur 60 tahun, dianggap sudah melewati usia untuk menjadi petugas upacara. Selain itu, penataan sound system juga berakibat pesan-pesan disampaikan Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, dalam pidatonya, tak bisa ditangkap secara utuh oleh ratusan undangan. 

 

Baca Juga: Gara-gara ASN Bandel, Upacara Hut Riau Ke-59 Tak Berjalan Khidmat

 

"Saya melihat tidak ada gerzahnya, kurang semangat, tidak seperti zaman kami dulu. Kami dulu, kalau upacara atau acara tidak asal jadi, pidato Gubernur Riau sudah suara pelan, sound tidak mendukung, orang banyak ngobrol saja," ungkap mantan Kepala Biro Pemerintahan, Tengku Khalil Jaafar, kepada RIAUOONLINE.CO.ID.

 

ASN BANdel3

 

Tidak hanya itu, upacara peringatan HUT Ke-59 Provinsi Riau ini juga tak ada ditutup secara resmi. Usai Komandan Upacara Zul AS memberikan aba-aba mengistirahatkan di tempat kepada peserta upacara, para ASN bukannya istirahat, malah bubar. 

 

"Seperti tak tahu disiplin saja itu PNS. Apa mereka tak diajarkan baris-berbaris, sehingga tak tahu mana aba-aba istirahat di tempat serta bubar," kata seorang tamu undangan, juga pejabat senior di Pemprov Riau. 

 

Saat ini ditanyakan ke Kepala Bagian Protokol Setdaprov Riau, Dendy Zulkhairi, mengatakan, seharusnya Komandan Upacara mengembalikan ke Komandan Peleton, sebelum dibubarkan. 

 

Klik Juga: Inilah 10 Kepala Daerah di Riau Tersangkut Kasus Korupsi

 

Situasi itu terjadi saat puluhan siswa SMAN 9 Pekanbaru menyanyikan lagu-lagu daerah nasional. Melihat para ASN bubar, Zul AS juga ikut meninggalkan lapangan upacara menuju podium yang ditempati Guberur Riau.

 

Akhirnya, upacara peringatan HUT Ke-59 Provinsi Riau tahun 2016 ini, sama sekali tak tahu seperti apa ditutupya, akibat ketidakdisplinan para ASN dan tidak khidmatnya penyelenggaraan. 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline