Marquez Khawatirkan Rem dan Akselerasi di GP Perancis

Marquez-Juara.jpg
(CRASH)

RIAU ONLINE - Menghadapai kompetisi balap MotoGP 2016 di sirkuit Perancis bukan tanpa hambatan bagi pebalap Repsol Honda Marc Marquez. Pemuncak klasemen sementara ini menganggap faktor rem dan akselerasi akan sangat krusial bagi Repsol Honda untuk meraih kemenangan di GP Perancis, Minggu (8/5).

 

Marquez menjadi satu-satunya pebalap yang selalu berhasil naik podium di sepanjang empat seri MotoGP 2016, termasuk meraih dua kemenangan di GP Argentina dan GP Austin. Pebalap 23 tahun itu masih unggul 17 poin atas Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) di puncak klasemen sementara.

 

Dikutip dari situs resmi MotoGP, Marquez menganggap Sirkuit Le Mans berbeda dengan empat seri lainnya. Pebalap asal Spanyol itu mengatakan Honda harus menemukan setelan yang bagus untuk motor RC213V demi bisa mendapatkan sistem pengereman dan akselerasi yang bagus. (KLIK: Pedrosa Bakal Temani Rossi di Yamaha?)

 

"Le Mans punya desain berhenti-melaju, dengan begitu banyak tikungan lambat. Rem dan akselerasi sangat krusial di sirkuit ini," ujar Marquez.

 

"Kita lihat nanti apakah kami menemukan situasi yang sama seperti di Austin, di mana akselerasi di tikungan lambat kami jauh lebih bagus daripada yang diharapkan, atau kami harus menghadapi tantangan yang lebih besar." (BACA: Pelatih Rossi Ini Sebut Anak Didiknya Rendah Hati dan Selalu Ingin Belajar)

 

Marquez hanya finis di posisi ketiga pada GP Spanyol, dua pekan lalu, di belakang duo Movistar Yamaha: Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Namun, dalam sesi tes usai GP Spanyol di Sirkuit Jerez, Marquez berhasil mengalahkan Lorenzo.

 

Marquez mengaku timnya mendapat banyak data berharga dari tes di Jerez, yang diharapkan juara dunia MotoGP 2013 dan 2014 itu bisa berguna untuk tampil di GP Perancis.

 

"Kami lebih banyak fokus ke sistem elektronik dan sasis demi bisa mendapatkan cengkeraman yang bagus, serta keseimbangan sepeda motor untuk mengurangi ban gelincir. Saya pikir kami mendapatkan data berguna untuk Le Mans," tegas Marquez.

 

Musim lalu Marquez gagal meraih podium di GP Perancis setelah hanya finis di posisi keempat. Sementara pada 2014, The Baby Alien sukses meraih kemenangan di Le Mans. (CNN Indonesia)