Riau Harus Sejahterakan Masyarakat, Hindari Korupsi

Musrembang.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ZUHDY FEBRIANTO)

RIAU ONLINE - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan pesan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tahun 2016. Musrembang ini disusun untuk merancang arah kebijakan pembangunan tahun 2017 mendatang.

 

Zudan mengatakan, ada empat hal pokok harus menjadi perhatian Pemerintah Riau dalam melakukan pembanguan dan pengembangan kualitas sumber daya manusianya yakni kesejahteraan rakyat, peningkatan pelayanan publik, meningkatkan daya saing dan meningkatkan kehidupan lebih terarah.

 

"Tolak ukur kesejahteraan yakni tingkat pendapatan penduduk harus meningkat, masyarakat sehat, berpendidikan tinggi dan banyak uang," kata Zudah, dihadapan pejabat Riau, Senin, 18 April 2016. (KLIK: Provinsi Riau Gelar Musrembang Tahun 2016)

 

Menurut Zudan, dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat ini pemerintah pusat telah memfoluskan pembangunan mengarah ke desa. Dia memastikan pemerintah telah mengakomodir kebutuhan desa di Riau hingga 5 tahun kedepan. Riau diminta untuk memperhatikan ketahanan pangan dan pembangunan infrastruktur jalan lebih baik. "Transfer barang dan jasa harus lancar," katanya.

 

Zudan juga meminta Riau melakukan perencanaan dan menyusun keuangan dalam jangka panjang. Tak lupa mengingatkan untuk melakukan pengelolaan keuangan lebih baik. "Hindari sikap yang mengarah kepada hukum," ujarnya.

 

Dia menjelaskan, Kementerian mencatat terdapat 300 lebih kepala daerah di Indonesia bermasalah dengan tindak pidana korupsi. Menurut dia, jika pejabat daerah melakukan pengelolaan keuangan dengan benar, persoalan hukum yang menjeratnya tidak akan terjadi.Sebab kata dia, sistem hukum telah menjamin. Kepala daerah maupun legislator tidak terlibat dalam struktur tahap anggaran sampai belanja derah. "Yang jadi masalah adalah pada suap dan gratifikasi," katanya. (BACA: 3 Pejabat Pemprov Riau Jadi Tersangka, Plt Gubri Enggan Komentar)

 

Untuk itu, dia berharap pemerintah daerah bekerja dengan jujur sesuai peraturan undang-undang yang berlaku.

 

Pemerintah Provinsi Riau menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) tahun 2016. Musrembang ini disusun untuk merancang arah kebijakan pembangunan tahun 2017 mendatang.

 

Musrembang yang digelar dengan tema Pemantapan infrastruktur dan aparatur pemerintah dalam rangka peningkatan ekonomi dan kesejahteraan rakyat, dihadiri oleh beberapa pejabat kementerian pusat. Mulai dari Menteri Perencanaan Pembangunan dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI Sofyan Djalil, Wakil Menteri Keuangan RI Mardiasmo, Deputi Percepatan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kemenko Perekonomian, Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh.

Selain itu juga terlihat beberapa anggota DPR dan DPD RI asal Riau, DPRD Riau, Forkopimda Riau, Kepala Kejaksaan dan Pengadilan di Riau, Kepala Daerah di kabupaten dan kota di Riau, Akademisi Rektor universitas di Riau, SKPD se-Provinsi Riau.