Walhi Riau Berharap Kapolda Baru Tuntaskan Kasus Kahutla

riko.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Azhar)

Laporan: Azhar Saputra

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Riau, Riko Kurniawan berharap kepada Kapolda Riau yang baru dilantik Brigadir Jenderal Supriyanto mampu membawa para pelaku pembakaran hutan dan lahan khususnya korporasi sampai ke meja hijau.

 

"Dari catatan kita, Polisi sudah memeriksa kasus ini dari tahun 2015,"ucapnya.

 

"Ada 18 korporasi yang diperiksa. lima dari HGU, 13 dari Hutan Tanam Industri, tetapi sejak tahun 2013 sampai 2015 perusahaan HTI tidak satupun mampu digiring ke meja hijau meskipun sudah berstatus tersangka ," kata pria berkumis ini saat ditemui RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 21 Maret 2016. (KLIK:  Jikalahari Minta Calon Peserta Pilkada Sadar Lingkungan)

 

Riko berharap kepada pihak polisi agar dapat menjalankan komitmen penegakaan hukum terhadap perusahaan yang diduga sering melakukan pembakaran hutan secara sengaja dan lalai dalam menjaga konsesinya. Jika hal ini dapat di tanggulangi, akan dapat mengurangi titik api dan kerusakan lingkungan di Provinsi Riau.

 

Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Pol Badrodin Haiti, Senin, 21 Maret 2016, secara resmi melantik Brigjen Pol Supriyanto, sebagai Kepala Polisi Daerah (Kapolda) Riau, menggantikan Brigjen Pol Dolly Bambang Hermawan.

 

Upacara serah terima jabatan (Sertijab) Kapolda Riau ini dilakukan di Rupama Mabes Polri dipimpin langsung oleh Kapolri Badrodin Haiti.

 

Selain Sertijab Kapolda Riau, Kapolri juga memimpin Sertijab Kapolda Metro Jaya, dari Irjen Pol Tito Karnavian ke Irjen Pol Moechgiyarto Adhimakayasa. Moechgiyarto merupakan mantan Kapoltabes Pekanbaru, sebelumnya menjabat Kapolda Jawa Barat. (BACA: Rumah Sakit Kuantan Singingi Tolak Pasien BPJS, Ini Kata Plt Gubri)

 

 

Irjen Pol Tito Karnavian diangkat menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Sementara Kapolda Jawa Barat akan dijabat Irjen Pol Drs Jodie Rooseto.