Aktual, Independen dan Terpercaya


Makan Tahu dan Tempe Kalau Tak Mau Tulang Keropos

Osteoporosis.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Siapa tak kenal dengan tahu dan tempe. Dua jenis bahan makanan khas Indonesia ini begitu mudah didapat. Harganya pun sangat terjangkau. Meski murah, dua jenis bahan makanan ini ternyata memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Khususnya kesehatan tulang.

 

Kacang kedelai yang menjadi bahan utama pembuatan tahu dan tempe dipercaya bisa mencegah tulang keropos alias osteoporosis. 

 

Seiring bertambahnya usia, kadar hormon seks juga akan menurun, terutama kadar hormon estrogen pada wanita. Jika hormon tersebut menurun di dalam tubuh, sering terjadi pada wanita post-menopause, akan menyebabkan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. 

 

BACA JUGA : Untuk Berobat, Pria 400 Kg Ini Naik Mobil Kebakaran

 

Oleh karena itu, selain kalsium dan vitamin D, hormon estrogen pun mempunyai peranan penting dalam mempertahankan massa tulang.

 

KLIK JUGA : Kapolri Tantang Kapolda Riau yang Baru Berantas Narkoba

 

Fitoestrogen yang terdapat dalam kedelai (isoflavon) memiliki struktur yang mirip dengan estrogen. Fitoestrogen (isoflavon) dalam kedelai secara klinis menunjukkan manfaat positif dalam mencegah hilangnya kepadatan tulang.

 

Menurut studi meta-analisis yang dipaparkan dalam artikel klikdokter.com, Senin (21/3/2016), dinyatakan bahwa isoflavon pada kedelai dapat meningkatkan massa tulang yang ada di dalam tubuh.

 

Penelitian menunjukan bahwa dengan mengonsumsi 30 gram (±1 ons) protein kedelai yang mengandung 66 mg isoflavon setiap hari dapat memberikan efek yang baik bagi kepadatan tulang sehingga dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis. Selain itu, isoflavon pada kedelai juga dapat membantu mengatasi gejala post-menopause pada wanita, seperti rasa panas dan kemerahan pada area wajah.

 

Jadi mulai saat ini lengkapilah makanan Anda dengan produk olahan kedelai, seperti tahu, tempe, dan produk olahan kedelai lainnya agar dapat menurunkan risiko terjadinya tulang keropos. Selain menjaga nutrisi yang Anda konsumsi, Anda juga harus tetap aktif melakukan aktivitas fisik agar kesehatan tulang Anda dapat terjaga dengan baik.