Aktual, Independen dan Terpercaya


Hitungan Minggu, 300 Hektare Lahan Terbakar di Riau

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Komandan Korem 031/ Wirabima, Brigjen Nurendi menyebutkan total luas lahan terbakar di Riau selama beberapa minggu terakhir mencapai 300 hektare. Luasan lahan tersebut masih akan terus bertambah melihat mulai masifnya aktifitas pembakaran lahan yang dilakukan oleh oknum tak brtanggung jawab.

 


"Luas lahan kira-kira sudah 300 hektare. Luas tersebut masih perkiraan kita saja. Walaupun begitu, sejauh ini kualitas udara belum terganggu akibat pembakaran yang sudah terjadi," ujar Nurendi kepada wartawan, Kamis (10/3/2016).

 

BACA JUGA : Jikalahari: Pangdam Jangan Marah ke Kehutanan, Coba Marah ke Perusahaan


Nurendi yang juga Komandan Satgas Siaga Darurat Karlahut ini menyebutkan hingga kini petugas pemadam masih fokus mengantisipasi semakin meluasnya kebakaran lahan di 4 wilayah pesisir Riau. Musim panas yang melanda daerah tersebut dituding sebagai penyebab masifnya pertumbuhan titik api.

 

KLIK JUGA : Gugatan Warga Soal Asap, Ini Harapan Walhi Riau

 

"Kebakaran lahan yang terjadi ini kita khawatirkan menimbulkan kabut asap cukup yang berpotensi melanda daerah pesisir Riau karena musim panas kini sedang melanda sejak sebulan terakhir. Daerah tersebut yang berada di pesisir Riau adalah Dumai, Bengkalis, Rokan Hilir dan Meranti," terangnya.

 

Menurut Nurendi, hingga kini Korem telah mengerahkan 400 pasukan TNI yang disebar di sejumlah wilayah titik api. "Dengan jumlah personel yang ada sekarang kita masih mampu untuk menangani kebakaran lahan," tandasnya.