Terlibat Korupsi, FIFA Pecat Jerome Valcke sebagai Sekjen

Jerome-Valcke.jpg
(AP)

RIAU ONLINE, ZURICH - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) secara resmi memecat Sekjen FIFA, Jerome Calcke, pembantu utama Sepp Blatter, Presiden FIFA yang terlibat skandal korupsi. 

 

Jerome Valcke, dipecat dari jabatannya untuk sementara empat bulan lalu atas tuduhan ia terlibat dalam skandal tiket pasar gelap. (Baca Juga: Alibaba Sponsori FIFA 8 Tahun

 

Pekan lalu, Komisi Etika FIFA menuduhnya menerima hadiah, membiarkan terjadinya benturan kepentingan, melanggar kepercayaan, dan tidak berkerjasama dengan para penyelidik.

 

Valcke sebelumnya mengatakan, ia belum pernah melakukan kesalahan. Orang yang selama ini menjadi penjabat sekjen sejak pemberhentian Valcke, Markus Kattner, diperkirakan akan melanjutkan tugasnya hingga pemilihan presiden baru FIFA 26 Februari.

 

Valcke pernah dipecat sebelumnya dari FIFA, pada 2006, atas perannya dalam kontroversi sponsor. Ia dipekerjakan kembali setahun kemudian dan mencuat ke posisi puncak administrasi dengan tugas mengawasi organisasi Piala Dunia.

 

Pemecatan Jerome Valcke, seperti dilansir dari voaindonesia.com, kurang dari sebulan usai Blatter dilarang terlibat dalam kegiatan-kegiatan FIFA selama delapan tahun. (Klik Juga: Sanksi FIFA Harus Jadi Awal Reformasi Total PSSI

 

Blatter dituduh melakukan pembayaran 2 juta Dolar AS kepada ketua organisasi sepak bola Eropa asal Prancis, Michel Platini. Platini juga dilarang terlibat dalam kegiatan profesional sepak bola selama delapan tahun.


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline