Kongres HMI Diperpanjang, Biaya Membengkak Rp 1 Miliar

Logo-HMI.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Steering Comitee Kongres HMI ke 29 di Pekanbaru mengatakan kongres akan diperpanjang 2 atau 3 hari lagi setelah diputuskan lewat rapat internal. Keputusan ini diambil menyusul waktu pelaksanaan yang ditetapkan panitia berakhir hari ini, Kamis (26/11/2015).

 

Ketua SC, Amal Sakti mengatakan sidang pleno masih perlu banyak waktu karena materi yang bakal dibahas masih cukup banyak. "Kita memutuskan memperpanjang masa waktu kongres beberapa hari ke depan. Ini dilakukan mengingat masih banyak pembahasan dalm kongres yang belum selesai," ujar Amal dalam konferensi pers sore ini. (KLIK: Wacana E-Voting Pilih Ketua PB HMI)

 

Amal meminta dukungan kepada seluruh masayarakat dan stake holder di Riau terkait perpanjangan waktu. Dukungan ini sangat diperlukan oleh HMI untuk mensukseskan kongres. "Tentunya kita sangat memerlukan dukungan dari masyarakat serta dari berbagai pihak supaya kongres ini dapat selesai dengan baik di sini," harap Amal, didampingi Ketua Badko Riau-Kepri, Munawir Mattereng.

 

Amal mengaku optimis kongres akan selesai 2 sampai 3 hari ke depan. Ia menilai selama forum berlangsung peserta sidang selalu terkumpul hingga 95 persen.

 

"Ini merupakan tanda baik karena selama ini sangat jarang forum kongres terkumpul sebanyak ini. Hal ini juga dilihat dari suhu emosional selama kongres berlangsung, kita melihat peserta kongres tak banyak melakukan perdebatan seperti pada kongres yang sebelum-sebelumnya. Dari sini kita bisa memandang dan menilai kongres ini akan bisa jadi kongres yang relatif cepat. Dan kita berharap hal tersebut terjadi," jelasnya. (BACA: HMI Disayang, HMI Dikritik)

 

Untuk perpanjangan waktu kongres ini, panitia mengalami pembengkakan biaya cukup besar. Amal mengkalkulasikan biaya tambahan yang bakal dikeluarkan selama 3 hari kedepan diperkirakan mencapai Rp 1 miliar. "Kalau normalnya biaya yang kita keluarkan dalam satu hari dalam gelaran kongres ini mencapai sekitar 200 hingga 300 juta lebih. Jadi kalau dikalkulasikan selama 3 hari itu totalnya sekitar 1 miliar," ujarnya.

 

Dalam kongres ini, akan diagendakan memilih Ketua Umum PB HMI yang baru untuk periode 2015-2017. Amal berharap pemilihan ketua umum berjalan secara damai dan sportif. "Kita optimis ketua umum baru akan terpilih di Pekanbaru tanpa ada pemindahan lokasi kongres. Dan untuk itu terjadi, kita butuh dukungan dari semuanya," tutupnya.

 

-->