Stop. Kurangi Pemakaian Headphone

Bagian-Telinga.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Tahukah Anda, bahaya apa yang mengintai jika terlalu sering menggunakan headphone bagi telinga Anda? Atau pernahkah Anda menegur seseorang ketika menggunakan headphone dan suaranya terlalu keras hingga Anda juga dapat mendengarnya?

 

Sepertinya Anda sudah melakukan hal yang benar dengan menyadari bahaya headphone jika digunakan dengan tidak benar. Saat ini, angka gangguan pendengaran lebih tinggi 30 persen dibandingkan tahun 1980. (Baca Juga: Sudah Benarkah Mengorek Telinga?

 

Para ahli percaya, faktor penyebab peningkatan angka ini adalah penggunaan headphone yang salah. Headphone merupakan gaya hidup anak muda saat ini.

 

Anggota redaksi Kedokteran Umum klikDokter.com, dr. Alvin Nursalim, mengatakan, headphone hadir dengan berbagai bentuk, ukuran serta model yang trendi, sehingga banyak remaja gemar menggunakan alat satu ini.

 

Penggunaan headphone memberikan sensasi suara bersifat pribadi, sehingga suara didengarkan terasa lebih hidup dan dekat. Namun, apakah Anda mengetahui bahaya headphone bila digunakan dengan durasi dan volume yang salah sehingga dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen?

 

Inilah Bahaya Headphone Bagi Telingan Anda

Penggunaan headphone diperlukan bagi banyak orang, khususnya mereka yang bekerja menggunakan alat pendengar ini. Namun, menjadi permasalahan adalah ketika seseorang menggunakannya, apakah mereka sadar bahaya jika digunakan dengan volume terlalu keras dan dengan durasi waktu lama? (Klik Juga: Ini 7 Langkah Mudah Jaga Mata Anda

 

Bahaya headphone disebabkan suara yang dikeluarkannya kemudian masuk ke dalam liang telinga, menggetarkan gendang telinga dan akan diteruskan oleh tulang pendengaran.

 

Pada akhirnya getaran ini akan menggetarkan sel rambut pada koklea, yang akan dilanjutkan untuk merangsang pusat pendengaran di otak.

 

Sel rambut ini merupakan target dari suara yang keras. Paparan terhadap musik yang keras dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan kerusakan sel rambut. Sel rambut akan digantikan oleh jaringan parut dan hal ini akan menyebabkan ketulian. (Lihat Juga: Inilah Bahaya Keseringan Nonton Televisi)

 

 

Berapa kuatkah volume ketika menggunakan headphone?

Alat pemutar MP3 atau handphone Anda dapat memproduksi suara higga kekuatan 120 db. Ini merupakan kekuatan suara dari sebuah konser musik rock.

 

Kerusakan pada sel rambut telinga akan mulai terlihat setelah satu jam dalam paparan ini. Namun, tanda suara headphone Anda sudah terlalu keras adalah ketika Anda tidak dapat mendengarkan suara di sekitar Anda ketika menggunakan headphone.

 

Anda disarankan untuk tidak menggunakan headphone dengan volume melebihi 60% kekuatan volume maksimal dan tidak lebih dari 60 menit setiap harinya. (Baca: Anda Berperut Buncit? Begini Cara Bikin Langsing

 

Jangan sepelekan bahaya headphone dan masalah yang akan ditimbulkan dalam penggunaan headphone ini, karena, ketika gangguan pendengaran sudah terjadi maka Anda akan kehilangan salah satu fungsi tubuh yang paling penting, yaitu pendengaran. Oleh karena itu, Anda harus lebih bijaksana dalam menggunakan headphone agar terhindar dari bahaya headphone tersebut.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline