Aktual, Independen dan Terpercaya


Aktivitas Bandara SSK II Normal

Bandara-SSK-II.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/SUCI AULYA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Aktivitas Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru berangsur normal setelah beberapa bulan terakhir terganggu akibat asap, baik yang berasal dari Riau maupun yang berasal dari Sumsel dan Jambi.

 

Staf Airport Duty Manager Bandara, Ibnu Hasan mengatakan, penerbangan hari ini (14/10/2015) berjalan lancar tanpa ada gangguan cuaca. Hingga pukul 17.10 WIB dari 48 penerbangan yang dijadwalkan terbang hari ini, 30 penerbangan sudah terbang dan mendarat. "Hari ini penerbangan aman dan lancar-lancar saja. Tidak ada gangguan akibat asap," ujar Ibnu Hasan saat dihubungi RIAUONLINE.CO.ID , Rabu (14/10/2015). (KLIK: (Video) Pesawat Malaysia Airlines Ini Dihantam Rudal)

 

Ibnu mengatakan, beberapa hari ini penerbangan memang sudah berangsur normal karena asap tidak sepekat biasanya. "Apalagi tadi siang sempat hujan deras, jarak pandang makin baik untuk penerbangan," ungkapnya.

 

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) jarak pandang hingga pukul 16.00 WIB di Pekanbaru sejauh 2000 meter. Jarak ini sudah melewati jarak minimum untuk pendaratan yakni 1000 meter.

 

Menurut Kepala BMKG Pekanbaru, Sugarin, di Sumatera hanya terpantau 5 titik panas saja. Titik itu berada di Sumsel. Sedangkan Riau nihil.

 

"Sore ini hotspot sudah sangat menurun jika dibandingkan dengan sehari lalu yang mencapai ratusan. Di Riau tak ada titik panas terpantau. Hujan sore tadi juga berpengaruh pada membaiknya jarak pandang yang sebelumnya sempat ada asap tipis dari Sumsel dan Jambi," tutur Sugarin.