Akademisi Deklarasi Gerakan Riau Melawan Asap

deklarasi.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/Zuhdy)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Elemen masyarakat yang mengatasnamakan Gerakan Riau Melawan Asap melakukan deklarasi di kediaman tokoh Riau Tabrani Rab, Senin (12/10/2015) sore.

 

Susiana Tabrani, aktivis perempuan dan pendidikan Riau bersama 5 orang lainnya menuturkan gerakan merupakan klimaks dari kesabaran masyarakat selama 18 tahun terakhir menghirup udara buruk akibat gangguan asap sisa kebakaran hutan dan lahan. (KLIK: Sudah Setengah Triliun Rupiah Biaya Padamkan Api)

 

"Gerakan ini diinisiatori oleh beberapa rekan yang kebanyakan adalah akademisi yaitu Arisman Adnan, Feizal Karim, Eno Suwarno, Muhammad Fadri dan Aznan. Gerakan ini merupakan gerakan non partisan yang bukan dilandasi oleh gerakan politis yang memiliki kepentingan selain asap," ucap Susi.

 

Gerakan ini menurut Susi sebagai bentuk kekecewaan atas pemerintah yang tak kuasa mengatasi asap di Riau juga sebagai bentuk kemarahan atas sikap sepele pemerintah pusat kepada rakyat Riau. (LIHAT: Masker Donasi Senilai Rp20 Juta Dibagikan di RLB)

 

" Kita tak ingin di sepelekan oleh seorang menteri yg seenaknya mengatakan bahwa bencana asap ini biasa saja sedangkan ia sendiri tak ikut merasakan penderitaan rakyat Riau," ujar Susi dengan menahan kemarahan.

 

Putri Inisiator Gerakan Rakyat Riau Berdaulat, Tabrani Rab ini menambahkan Riau sebagai salah satu penyumbang devisa terbanyak dan terbesar di Indonesia dilupakan bahwa negeri lancang kuning ini bagian dari bangsa ini. "Maka dengan gerakan ini, kita tak ingin dipandang sebelah mata oleh mereka," tandas Susi.