Libur Sekolah Diperpanjang Akibat Asap Pekat

Pembagian-Masker.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Dinas Pendidikan Riau kembali perpanjang masa libur sekolah menyusul gangguan asap sisa kebakaran hutan dan lahan tak kunjung membaik. Ini pekan ke lima bagi siswa di Riau tidak bersekolah akibat asap.

 

"Kami akan keluarkan surat resmi libur sekolah sepekan ke depan," kata Kepala Dinas Pendidikan Riau, Kamsol, Senin (28/9/2015).

 

Kamsol mengatakan, pihaknya akan terus meliburkan sekolah selagi Riau masih berstatus darurat pencemaran udara akibat asap. Hal itu terpaksa dilakukan untuk mengurangi resiko dampak penyakit paparan asap terhadap anak. (KLIK: Menteri Pertahanan Malaysia Sakit Gara-Gara Asap)

 

Kamsol mengakui, libur panjang akibat asap membuat siswa banyak ketinggalan pelajaran. Untuk itu Dinas Pendidikan telah memberikan pelajaran tambahan di Rumah. Setiap guru diwajibkan memantau aktivitas murid saat berlibur di rumah baik secara langsung maupun tidak langsung. "Guru bisa memantau siswa lewat telepon dan internet," ujarnya.

 

Sedangkan untuk orangtua siswa, Dinas Pendidikan menghimbau agar mengawasi anak agar mengurangi aktivitas di luar rumah. "Orangtua harus mengingatkan anaknya untuk belajar," katanya. (LIHAT: 12 Titik Panas Sumatera, Riau Masih Berasap)

 

Kamsol menambahkan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak sekolah untuk melakukan evaluasi dan menyusun materi pelajaran yang tertinggal. Terlebih seluruh siswa bakal menempuh ujian pertengahan semester awal Oktober ini. "Untuk jadwal ujian pertengahan semsester akan kita sesuaikan," katanya.