Lucu. Pebalap Sepeda Wajib Pakai Masker saat Lomba

sepeda.jpg
(INTERNET)

 

RIAUONLINE, PEKANBARU – Dinas Kesehatan Provinsi Riau menghimbau para atlet balap sepeda Tour De Siak untuk menggunakan masker N95 pada gelaran Tour De Siak tanggal 15 September mendatang.


Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa (8/9/2015). Menurutnya, dalam teori kesehatan, memang akan sangat berbahaya bagi kesehatan atlet jika mereka melakukan aktivitas fisik yang keras di luar ruangan dalam kondisi udara yang buruk seperti ini.


“Kita berharap semoga keadaan akan menjadi lebih baik pada hari pelaksanaan Tour De Siak esok. Tapi jika keadaan juga tak kunjung membaik, kita akan mewajibkan seluruh atlet untuk menggunakan masker N95 pada perlombaan esok,” ungkap Andra.


Menurutnya, penggunaan masker adalah jalan satu-satunya untuk mencegah efek buruk asap. “Yang bisa kita lakukan hanyalah pencegahan, karena pemerintah juga tak bisa membatalkan jadwal yang sudah menjadi agenda tahunan bagi olahraga balap sepeda ini. Apalagi ini sudah kelas internasional,” ujarnya.


Kondisi udara saat ini memiliki potensi yang kurang baik bagi penyelenggaraan Tour De Siak tahun ini. Pagi ini, Indeks Standar Pencemaran Udara di Pekanbaru sudah menunjukkan status berbahaya. Status ini merupakan kadar terburuk bagi kualitas udara yang dapat dipantau oleh ISPU. Beberapa hari terakhir, status berbahaya sudah sering terekam oleh ISPU. Ini menunjukkan bahwa kualitas udara di Riau sudah tidak layak untuk ditinggali.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline