Komunitas Bonsai Bengkalis Tampilkan Indahnya Bunga Bonsai Karya Anak Negeri

pameran-bonsai.jpg
(ANDRIAS/RIAUONLINE)

RIAUONLINE, BENGKALIS - Komunitas Bonsai Bengkalis Riau 19 (KBBR 19), pamerkan hasil karya seni anak negeri dalam mengolah tanaman bunga andemik pulau Pesisir Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Berbagai jenis dongkelan (tunggul) bunga andemik dari berbagai jenis di antaranya bonsai pohon beringin, pacar laut, Sancang, Wacang, anting putri, bonsai dan Bougenfil terpanjang cukup indah tidak kalah seperti kontes maupun pameran yang diselenggarakan oleh Provinsi Riau.

Penampilan komunitas bonsai ini, dalam menyemarakan hari ulang ke-4, Sanggar Seni Sayang Sayang Selatbatu, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis berlangsung dari tanggal 18 hingga 22 Febuari 2022.

"Ada puluhan bonsai berbagai ukuran dari kecil hingga besar tampil memeriahkan perhelatan di Desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan ini," kata Wan Hasan kepada RIAUONLINE, Minggu 20 Febuari 2022.


Wan Hasan berharap, dengan adanya pameran bonsai ini diharapkan kreasi tangan anak negeri dapat muncul hingga dikenal oleh khalayak ramai hingga tingkat provinsi.

"Idealnya, kegiatan ini merupakan kegiatan positif dan dengan adanya pameran ini mampu mengairahkan anak anak muda bengkalis terus berkreasi dan berinovasi seni bunga bonsai," terang Wan Hasan.

Komunitas KBBR 19 berjumlah 37 anggota di negeri junjungan inipun menambahkan, selain menyalurkan hobi seni bunga bonsai juga berdampak meningkatkan perekonomian masyarakat serta melestarikan lingkungan.

"Selain melepaskan hoby pada seni bunga bonsai, juga berdampak pada peningkatan perekonomian anggota. Bayangkan saja jika dijual bonsai bonsai tersebut bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah," terangnya.

Disamping itu, wan Hasan juga berharap melalui wadah yang telah ada ini. Para pelaku bonsai di Kabupaten Bengkalis semakin berkembang dan banyak diminati.

"Alhamdulillah, dengan adanya pameran ini membuktikan keberadaan komunitas bonsai KBBR 19 eksis di negeri ini. Selain menarik minat bagi pecinta bunga bonsai untuk membeli juga terpenting kita dapat menjadi pelaku dalam melestarikan lingkungan yang ada disekita kita," pungkasnya.