Dibantu Wabup Bagus, Kapolda dan Istri Padamkan Karhutla Desa Kelemantan

Kapolda-Padamkan-Karhutla5.jpg
(Andrias/Riau Online)

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Kapolda Riau Irjenpol Agung Setia Imam Efendi kembali berkunjung ke Kabupaten Bengkalis, Riau, Sabtu 6 Maret 2021.

Sama seperti sebelumnya, Kapolda didampingi isteri tiba menggunakan Helikopter di Desa Kelemantan sekitar pukul 09:00 WIB dan disambut oleh Wabup H Bagus beserta jajaran pemerintah Kabupaten Bengkalis. 

 

Kapolda dengan berseragam lengkap, memilih naik sepeda motor bersama istri ketimbang naik mobil yg telah disiapkan, dan diikuti Wabup Bengkalis, Bagus Santoso.

 

Setiba di lokasi karhutla, Desa Kelemantan Kecamatan Bengkalis, Kapolda bersama isteri berjibaku, turun langsung ikut memadamkan api.

 

Bersama isteri, Kapolda menyeberangi kanal mengambil selamh air lalu ditembakkan ke titik-titik di dalam gambut yang masih mengeluarkan asap tebal. 

 

Kapolda Riau, Irjen Agung Setya Imam Efendi berserta istri dan Wabup Bengkalis, Bagus Santoso padamkan Karhutla di Desa Kelemantan/Andrias/Riau Online

 

 

Tidak sampai disitu, Kapolda menyambangi dan melihat langsung seluruh tim yang telah berjibaku memadamkan api di lapangan.

 


Melihat langsung kondisi di lapangan, Jendral bintang dua itu merasakan kesulitan dan hambatan dihadapi oleh tim dalam memadamkan api di lahan gambut dan meminta wabup bagus Santoso menyampaikan hambatan tersebut kepada Bupati Bengkalis.

 

"Hasil evaluasi kita hari ini, bahwa kita masih kekurangan mesin pompa air. Mohon ini, melalui pak Wabup, sampaikan ke ibu Bupati, hambatan-hambatan pemadaman di lapangan, terutama mesin pompa air," ujar kapolda.

         

Kapolda juga meminta petugas di lapangan dan masyarakat tidak lengah. Harus disikapi sedemikian rupa, diatur dengan baik siapa yang turun ke lapangan siapa yang istirahat.

 

"Jangan lengah, target kita tiga hari ke depan api semakin mengecil. Diatur ya, siapa yang jaga malam, diatur shiftnya," ujar Kapolda.

 

Dalam kesempatan tersebut Kapolda juga meminta kepada Camat Bengkalisuntuk menggerakkan masyarakat bersama-sama memadamkan api.

 

"Panggil pemilik lahan atau masyarakat lainnya untuk bersama-sama turun padamkan api. Kondisi seperti ini tidak bisa hanya kita serahkan ke petugas pemadam saja, harus bersama-sama," pinta Kapolda.

        

Disamping itu, Kapolda juga mengucapkan apresiasi untuk tim yang telah berjibaku memadamkan apai dil apangan.

 

"Terimakasih untuk semuanya, dan tetap semangat, jaga kekompakan, saling mengisi. Dengan bersama kita bisa," imbuh Kapolda seraya menyerahkan "vitamin" kepada petugas pemadam di lapangan.

 

Sementara itu Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso mengatakan, kedatangan Kapolda bersama isteri selain turun langsung melakukan pemadaman dan memberikan arahan-arahan juga menambah semangat kepada para petugas di lapangan.

      

"Luar biasa pak Kapoda Riau, bersama isteri langsung turun melakukan pemadaman. Dan ini tentu menjadi penyemangat bagi pemerintah Kabupaten Bengkalis juga rekan-rekaman di lapangan untuk bekerja lebih giat lagi," sebut Bagus.

     

 

Apa-apa yang menjadi evaluasi kapolda seperti penyediaan mesin pompa air, keikutsertaan masyarakat dan lainnya akan menjadi perhatian penuh Pemkab Bengkalis.

       

"Sekali lagi kami sampaikan, mohon tidak memerun saat membersihkan atau membuka lahan perkebunan baru. Tengoklah, kalau sudah seperti ini, kita semua jadi susah," pungkasnya.