Hadiri HUT Desa Ranah Singkuang, Staf Ahli Bahas Pentingnya Pola Tata Ruang Desa

HUT-Desa-Ranah-Kampar.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, BANGKINANG - Pola Tata Ruang wilayah dalam lingkup desa dan kelurahan sangat perlu dilakukan dalam penataan kemajuan desa. Sebab, apabila pola tata desa sudah terbentuk maka akan susah untuk menatanya kembali.

Hal ini diungkapkan Staf Ahli Bupati Kampar Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Suhaimi, mewakili Bupati Kampar H Azis Zaenal di acara Ulang Tahun Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar, Senin 19 Maret 2018.

Ia melanjutkan, rencana tata ruang wilayah berfungsi sebagai pedoman untuk penyusunan rencana rinci tata ruang di wilayah tersebut. Seperti di Desa Ranah Singkuang, kenyataan di lapangan ternyata infrastruktur jalan terlalu kecil dan susah untuk diperbesar.

Untuk itu, apabila akan melakukan pembangunan jalan, maka perangkat desa dan masyarakat diharapkan bisa mencari jalan keluar terlebih dahulu. Sehingga jalan utama yang sudah ada, yang menghubungkan desa dengan ibukota kecamatan bisa diperlebar.

Disebutkannya juga, pada tahun 2018 ini akan ada pembangunan infrastruktur di Desa Ranah. Dengan rincian, pembangunan drainase sepanjang 0,5 Km, Jalan Krikil sepanjang lebih kurang 0,5KM serta perbaikaan Sekolah Dasar 017 Ranah Singkuang.

"Ini membuktikan bahwa Pemda Kampar juga akan terus membantu kemajuan Desa Ranah Singkuang. Karena ini sesuai dengan visi dan misi Bupati Kampar lima tahun kedepan, yanki peningkatan Infrastruktur," terang Suhaimi.


Staf Ahli juga berpesan untuk penggunaan dana desa, baik di bidang infrastruktur maupun pembangunan bidang lainnya, semua harus dimusyawarahkan terlebih dahulu bersama mamsyarakat.

"Menjaga persatuan, kesatuan, persaudaraan, kekompakkan, dan kekeluargaan yang terjalin selama ini, baik itu pemerintah desa, masyarakat dan semua unsur desa yang ada kiranya bisa dijaga, dipertahankan dan ditingkatkan," pungkasnya.

Sementara itu Kepala Desa Ranah Singkuang Kamarudin dalam sambutannya menyampaikan bahwa di usia yang ke-9, Ranah Singkuang sudah banyak mengalami kemajuan.

Dengan memiliki tiga Dusun dan tahun 2018 menjadi 4 Dusun dengan jumlah penduduk lebih kurang 1.350 serta memiliki daftar pemilihan tetap (DPT) 807 orang. Kamarudin bertekat akan memajukan ranah singkuang dalam waktu dekat dibandingkan dengan desa lainnya.

"Alhamdulillah kemajuan desa sudah banyak, walaupun beberapa infstruktur di Desa seperti jalan penghubung desa ke kecamatan terlihat belum tersetuh yang namanya aspal," terang Kades. (*/1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id