Dihadiri Gubri dan Bupati, Pucuk Persukuan Piliang Kenegerian Tambang Dikukuhkan

Persukuan-Piliang-Kenegerian-Tambang.jpg
(*2)

RIAU ONLINE, TAMBANG - Gubernur Riau Arsyadjuliandy Rachman bersama Bupati Kampar Azis Zaenal serta Wakil Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto diikuti beberapa Anggota DPRD Provinsi Riau dan Kabupaten Kampar menghadiri penobatan Syaharuddin sebagai Datuk Bijoanso Pucuk Persukuan Piliang Kenegerian Tambang.

Pada kesempatan itu, juga digelar syukuran terpilihnya Datuk Bijoanso sebagai Kepala Kesa Kemang Indah periode 2017-2023 di halaman Surau Dusun V Desa Kemang Indah Kecamatan Tambang, Kamis 11 Januari 2018.

Gubri dan rombongan disambut hidangan bajambau dengan masakan khas Kampar yang disajikan di atas dulang kaki tiga dengan diawali basisambau yang merupakan adat tradisi dikampar dalam penyelenggaraan acara adat maupun penyambutan tamu kehormatan, yang dilakukan antara para Ninik Mamak dengan saling berbalas menggunakan ungkapan-ungkapan adat.

Bupati Kampar Azis Zaenal dalam sambutannya mengajak tokoh adat bersama-sama masyarakat agar dapat membangun desa.

"Jangan ada lagi sikut menyikut, mola Wak Basamo bangun Kampar Kito, kalau bersama semua persoalan yang ada dapat diselesaikan secara bersama dan akan terasa ringan, dengan peran masing-masing kita saling nasehat menasehati baik pemerintah, alim ulama dan Ninik Mamak. Kabukik samo mendaki, kelurah samo manuwun. Bak tali bapilin tigo, tigo tungku sajoangan," ungkap Azis dalam bahasa ocu.


Sementara itu Gubernur Riau Arsyadjuliandy Rachman dalam pidatonya mengharapkan masyarakat dapat menjaga lingkungan dan mengatasi hal-hal yang dapat diselesaikan secara bersama.

"Tadi pak Azis menyinggung masalah pembangunan dengan ini mari bersama kita jaga keamanan, mari kita jaga stabilitas di Provinsi Riau. Apalagi di tahun politik ini, masyarakat dan Ninik Mamak jaga keamanan dan dengan kita bersama menjaga kita dapat membangun Riau bersama," ungkap Andi.(Advertorial)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id