9 Nama Mentereng Ini Terancama Gagal ke Senayan

Gedung-DPR-RI2.jpg
(Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan)

RIAU ONLINE - Sederet nama calon anggota legislatif (caleg) ternama bertarung memperebutkan enam kursi DPR RI dai daerah pemilihan (dapil) neraka, DKI Jakarta I.

Berdasarkan hasil perolehan suara di dapil yang mencakup Kota Jakarta Timur, sejumlah nama mentereng terancam gagal ke Senayan.

Mulai dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo yang dinaungi Partai Golkar hingga caleg PDIP Harry Tjahaja Purnama, adik dari Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) gagal mendapatkan kursi.

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Pemilu, hasil penghitungan menggunakan metode Sainte Lague menunjukkan bahwa PDIP hanya memperoleh 1 kursi. Jatah itu diperoleh caleg PDIP Putra Nababan yang meraup 105.559 suara. Sedangkan Partai Golkar gagal mengamankan kursi dari dapil Jakarta I.


Selain itu, ada pula caleg sekaligus pesohor Ayu Azhari juga terancam gagal lantaran PAN yang menaunginya tidak mendapatkan kursi dari dapil ini. Pendakwah Yusuf Mansur dari Perindo juga terancam gagal, karena partai ini kalah bersaing.

Berdasarkan penghitungan konversi dari hasil rekapitulsi suara tingkat nasional untuk Provinsi DKI Jakarta pada rapat pleno yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU), partai dan caleg yang berhasil mendapatkan kursi di dapil DKI Jakarta I ialah PKS 2 kursi (Mardani Ali Sera dan Anis Byarwati), PDIP 1 kursi (Putra Nababan) Gerindra 1 kursi (Habiburokhman), PAN 1 kursi (Eko Hendro Purnomo), dan PKB 1 kursi (Hasbiallah Ilyas).

Berikut deretan nama caleg gagal pada perebutan kursi di Dapil DKI Jakarta I, seperti dilansir dari Suara.com, Kamis, 14 Maret 2024:

  1. Harry Basuki Tjahaja P (PDIP) 23.559 suara
  2. Dito Menpora (Golkar) 55.560 suara
  3. Wanda Hamidah (Golkar) 10.839 suara
  4. Ahmad Ali (Nasdem) 56.364 suara
  5. Ayu Azhari (PAN) 9.911 suara
  6. Faldo Maldini (PSI) 56.725 suara
  7. Yusuf Mansur (Perindo) 4.245 suara
  8. Aiman Witjaksono (Perindo) 8.605 suara
  9. Buni Yani (Ummat) 4.428 suara