Sederet Kejanggalan di SEA Games 2023 Kamboja

SEA-Games-Kamboja.jpg
(Dok. Internet)

RIAU ONLINE - Perhelatan akbar olahraga di Asia Tenggara, SEA Games digelar kembali pada 2023. Sejak dibuka pada Jumat, 5 Mei 2023 lalu, ada banyak hal yang menjadi perhatian publik.

Pasalnya, ada banyak kejanggalan yang terjadi sepanjang berjalannya pertandingan olahraga dua tahunan itu. Bahkan, beberapa keanehan turut menyertai pertandingan hingga merugikan beberapa pihak yang terlibat.

Lalu, apa saja kejanggalan-kejanggalan yang terjadi di SEA Games 2023?

1. Atlet China diduga bela Kamboja

Pertandingan bulu tangkis di perhelatan SEA Games menjadi hal pertama yang dinilai janggal. Warganet menyadari bahwa pebulutangkis bernama Zhou Meng bermain Kamboja.

Kabar ini viral di media sosial setelah foto Zhou Meng oleh sebuah akun Twitter. Foto itu memperlihatkan Zhou Meng yang membela Kamboja bertanding melawan pebulutangkis Indonesia, Wardani.

2. Tim Basket Kamboja dari Amerika

Kejanggalan berikutnya terungkap saat timnas basket Kamboja tertangkap kamera saat beristirahat di pinggir lapangan. Semua pemain basket itu diduga bukanlah atlet dari Kamboja, melainkan berasal dari Amerika.


Timnas Kamboja mengatakan atlet yang mereka terjunkan untuk SEA Games ini merupakan pemain naturalisasi. Namun peraturan yang berlaku menyebutkan bahwa pemain naturalisasi hanya diperbolehkan berjumlah 30 persen dari total timnas.

3. Atlet pencak silat Kamboja raih medali emas tanpa bertanding

Keanehan lainnya terungkap setelah media sosal SEA Games Kamboja 2023 mengunggah foto atlet pencak silat Kamboja, Non Sromoachkroham, secara mendadak. Nyatanya Non tidak berkompetisi dalam pertandingan pencak silat, tapi tiba-tiba meraih medali emas, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Jumat, 11 Mei 2023.

4. Kebocoran di kamar atlet

Tak hanya selama pertandingan, kejanggalan juga terjadi di luar pentandingan. Para atlet bulutangkis Indonesia, Komang Ayu Cahya Dewi, Stephanie Widjaja, dan Mutiara Ayu Puspitasari, mengeluhkan kebocoran pada kamar mereka.

Para atlet bulutangkis Indonesia menempati kamar di lantai 3 Wisma Atlet Kamboja. Hal ini lantas dilaporkan kepada pihak penyelenggara.

5. Bendera Indonesia terbalik

Bendera Indonesia yang ditampilkan ketika pre-show menjelang dibukanya SEA Games pada Jumat, 5 Mei 2023, menuai protes dari banyak pihak. Menpora Kamboja akhirnya menyampaikan permintaan maaf atas kejadian tersebut. Ia berjanji kejadian serupa tidak akan terulang lagi.

6. Tak ada AC di venue

Nasib "sial" dialami tim basket 3x3 putri Indonesia. Venue dan ruang ganti yang mereka gunakan untuk bertanding dan berlatih tidak dilengkapi AC. Hal ini tentunya menuai protes dari para atlet timnas yang juga berlatih di tempat yang sama.