Rhoma Irama Ditegur Kru Deep Purple karena Mainkan Intro Smoke on The Water

Rhoma-Irama3.jpg
(Istimewa/Tangkapan layar @sweetermerah))

RIAU ONLINE, SOLO-Rhoma Irama dan grup musiknya, Soneta Grup ditegur kru Deep Purple saat menjadi band pembuka dalam konser Deep Purple yang digelar di Solo, Jawa Tengah, pada Jumat (10/3/2023).

Rhoma Irama bersama Soneta sempat memainkan intro lagu milik Deep Purple berjudul "Smoke on the Water". Seketika, salah seorang kru dari Deep Purple muncul ke panggung dan meminta Rhoma untuk menghentikan memainkan lagu tersebut.

Sepertinya, Rhoma Irama belum meminta izin untuk membawakan lagu tersebut. Seketika, Rhoma dan Soneta langsung mengubah musiknya menjadi intro lagu "Nafsu Serakah".

Peristiwa itu pun heboh dan videonya viral di media sosial. Salah satunya dibagikan oleh akun Twitter @swetermerah pada Minggu (12/3/2023).

"Bang Rhoma jadi opener Deep Purple, dan blio membawakan cuplikan lagu Smoke On The Water sebagai intro. Ga lama, crew-nya DP nyamperin," cuit @swetermerah saat membalas pertanyaan warganet.



Tindakan Rhoma Irama itupun dikritik karena sebelum membawakan lagu tersebut, sang Raja Dangdut itu seharusnya meminta izin terlebih dahulu ke Deep Purple melalui LMK Hak Cipta.


"Indonesia diajarkan bagaimana pentingnya nilai Hak Kekayaan Intelektual oleh Deep Purple kemarin," sindir @swetermerah sambil mengunggah rekaman video ketika Rhoma Irama ditegur kru Deep Purple di atas panggung.

Sejumlah warganet a mendapun menyayangkan, musisi sekelas Rhoma Irama abai soal royalti atau hak cipta antara sesama musisi. Si Raja Dangdut juga mendapat cibiran dan diduga malu atas insiden tersebut dikutip dari suara.com

"Malunya sampai ubun-ubun, niat hati biar serpres, eh malah sebaliknya," kata akun @fabian*** mencibir.

"Malunya itu lho," imbuh akun @kdlrt***.

"Baru kali ini lihat sekelas Soneta disuruh berhenti main bukan karena kendala teknis, bukan juga sama panitia tapi sama band lain dan mana pas live depan ribuan orang. Sedih," ujar akun @satan***.