Surya Paloh Minta Kadernya Hati-hati Gunakan Lidah saat Bicara Soal Jokowi

Anies-dan-Surya-Paloh2.jpg
(Suara.com/Novian)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Ketua Umum partai NasDem Surya Paloh menegaskan NasDem tetap konsisten mendukung pemerintahan Jokowi-Maruf Amin hingga selesai.

Dia mengingatkan para kadernya agar tidak salah ucap atau slip of the tongue dalam menyikapi hal-hal terkait posisi partainya di koalisi pemerintah. 

Adapun pesan agar kader tidak salah ucap itu disampaikan Paloh saat mengumpulkan seluruh anggota Fraksi NasDem DPR RI di NasDem Tower.

"Pak Surya hanya mengingatkan jangan slip of the tongue. Tetap menjaga integritas, tetap menjaga etika, apalagi etika dalam kita berkoalisi," kata Ketua DPP NasDem Willy Aditya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (17/1/2023).

Willy mengatakan NasDem tetap mendukung Jokowi. Karena itu tentu NasDem perlu mejaga moralitas.

"Toh ini kita pengusung Pak Jokowi dan moralitas kita sedari awal mengatakan maju mundurnya pemerintahan Jokowi itu juga maju mundurnya NasDem. Dan pemerintahan ini adalah tanggung jawab partai NasDem dengan koalisi yang lainnya," ujar Willy.

Kembali menegaskan isi pertemuan Paloh dengan seluruh anggota Fraksi NasDem, Willy menegaskan bahwa posisi partainya tetap konsisten mendukung Jokowi hingga selesai masa jabatan.

"Di sana kemudian Pak Surya menegaskan, dukungan untuk pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin itu sampai selesai, dan itu harga yang harus kita tunaikan dan tuntaskan," tutur dia.


Paloh juga menekankan agar para kader tidak terpancing dengan pihak-pihak yang mencoba memprovokasi antara NasDem dan Jokowi. Para kader diminta tetap kalem dan menjaga etika.

"Itu hal yang resiprokal yang harus kita terus jaga. Kalau ada provokasi-provokasi itu wajar saja kata Pak Surya. Biarkan saja, itu kan menunjukan level orang berpolitik, tingkat kedewasan, tingkat kematangan di dalam berdemokrasi," katanya.

Surya Paloh Kumpulkan Fraksi NasDem

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengumpulkan seluruh anggota Fraksi NasDem DPR RI. Mereka dikumpulkan pada Senin (16/1) di NasDem Tower, Jakarta Pusat.

Berdasarkan keterangan yang diterima, mereka yang hadir dalam pertemuan di antaranya Waketum Partai NasDem Ahmad Ali, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat, Wakil Ketua DPR Rahmat Gobel, Ketua Fraksi NasDem Robert Rouw, Sekretaris Fraksi Saan Mustopa dan anggota DPR lainnya.

Adapun dalam pertemuan itu, Paloh turut memberi pesan sekaligus mengingatkan kepada anggota fraksi agar tetap mendukung penuh pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Pesan itu dianggap sangat penting.

"Pak Surya tegaskan dukungan penuh terhadap pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin hingga selesai dan memerintahkan seluruh anggota Fraksi NasDem melakukan hal serupa (dukung pemerintah) di Komisi maupun AKD (Alat Kelengkapan Dewan) lainnya," ungkap Ketua Bidang Media dan Komunikasi DPP Partai NasDem, Charles Meikyansah, Senin (16/1).

Dukungan itu meliputi berbagai program kerja pemerintahan Jokowi yang baik untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Paloh mengingatkan agar program tersebut harus didukung oleh Fraksi NasDem.

"Kita harus support program pemerintah, apalagi dalam penguatan sistem demokrasi di Indonesia," kata Charles.

Sementara itu terkait Paloh yang mengumpulkan seluruh anggota Fraksi NasDem di DPR, Charles mengatakan pertemuan itu merupakan agenda rutin. Selain mendengarkan pesan Paloh, ada sejumlah isu aktual yang turut menjadi pembahasan .

"Yang dibahas berbagai isu aktual, termasuk perkembangan dari eksternal maupun internal partai," ujar Charles.

Charles berujar komunikasi yang baik antara DPP dengan Fraksi NasDem dibutuhkan agar dapat seirama dalam mengambil kebijakan. Terlebih salam situasi politik saat ini yang terus berkembang.

"Fraksi merupakan perpanjangan tangan partai karenanya harus satu komando," terangnya dikutip dari suara.com