The Beast Mendarat di Bali, Cek Buasnya Spesifikasi Mobdin Presiden Amerika

The-Beast.jpg
(Shutterstock)

RIAU ONLINE, DENPASAR-The Beast mendarat di Bali, cek buasnya spesifikasi Mobdin Presiden Amerika.

The Beast mobil presiden Amerika Joe Biden adalah salah satu pemandangan yang menarik dari rangkaian acara KTT G20 di Bali pada pekan ini, 

The Beast menjemput dan membawa Biden dalam rangkaian acara di Bali, memang sudah jadi standar keamanan kepresidenan Amerika Serikat dalam kunjungan ke luar negeri.

Selain sebagai alat transportasi, mobil tersebut memang dirancang sebagai kendaraan lapis baja.

Adapun The Beast yang kini digunakan oleh Biden merupakan peninggalan presiden AS sebelumnya, Donald Trump. Mobil ini pertama kali digunakan pada 2018 lalu dan merupakan versi terbaru dari mobil presiden Amerika.


Berikut adalah beberapa keistimewaan The Beast yang jadi tumpangan resmi Biden:

Rangka truk

The Beast sendiri merupakan sebuah limosin dengan desain mirip Cadillac, tetapi sebenarnya dibangun di atas sasis truk medium duty agar lebih kokoh. Presiden AS Barack Obama pernah menyebut The Beast sebagai limosin dengan rangka tank.


Lapis baja

The Beast memang kendaraan lapis baja dalam arti sebenarnya. Bobotnya sekitar 8 ton, dan tahan ledakan bom, ranjau serta rudal dari RPG.


Pintu mobil itu kabarnya memiliki ketebalan 20 cm dan kaca setebal sekitar 12 cm, mirip dengan pintu pesawat jet Boeing 747.

Selain itu pintu The Beast juga memiliki teknologi sekat yang bisa mencegah gas beracun atau dari senjata biologi masuk ke dalam mobil. Ban mobil itu juga antipeluru.


The Beast memiliki tempat penyimpanan darah khusus di dalamnya. Darah yang dibawa sesuai dengan golongan darah Joe Biden, untuk berjaga-jaga jika sang presiden mengalami cedera. Di dalamnya juga terdapat berbagai peralatan medis lainnya.

Selain itu, mobil kepresidenan AS tersebut juga memiliki mesin produsen oksigen yang bisa digunakan untuk memasok udara saat terjadi serangan gas beracun atau senjata kimia/biologis.

Senjata

Tak banyak informasi soal senjata yang dibenamkan di dalam mobil tersebut. Tetapi menurut Fox News sistem persenjatan di dalam The Beast mencakup pelontar gas air mata dan shotgun.

Terkoneksi satelit

Perangkat canggih lain dalam mobil itu antara lain kamera-kamera night vision, GPS, dan sistem komunikasi satelit yang membuat Presiden AS bisa dihubungi di lokasi mana saja di Bumi.

Harga

General Motors memenangkan tender pembuatan The Beast sejak 2009 lalu. Satu unit The Beast disebut membutuhkan duit 1,5 juta dolar AS untuk diproduksi. Diyakini Secret Servis, paspampresnya Amerika, memiliki sekitar 12 unit The Beast dikutip dari suara.com