12 Anak di Sumatera Barat Meninggal Akibat Gagal Ginjal Misterius

dr-Lila-Yanwar.jpg
(suara.com)

RIAU ONLINE, PADANG-12 anak di Sumatera Barat meninggal akibat gagal ginjal misterius.

Kasus gagal ginjal misterius akut kian meningkat. Kasus di Sumatera Barat (Sumbar) bertambah menjadi 22 orang dan 12 diantaranya meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, dr Lila Yanwar menyebutkan, ada penambahan anak mengalami gagal ginjal yang masuk ke RSUP Dokter Muhammad Djamil, Padang, pada Rabu (19/10/2022) malam.


"Tadi malam, ada satu anak lagi yang masuk ke M Djamil, sehingga total ada 22 kasus yang sudah ditemukan. Dari jumlah itu, tercatat 12 orang meninggal dunia," kata Lila dalam keterangan pers di Kantor Dinas Kesehatan Sumbar, Kamis (20/10/2022).

Ia merinci, kasus gagal ginjal akut d daerah itu mulai terdeteksi pada bulan Juli, dan terus meningkat pada Agustus dan September hingga Oktober. Menurut Lila, 22 anak yang mengalami gagal ginjal akut tersebut berasal dari berbagai daerah, seperti Padang, Payakumbuh, Bukittinggi, dan Kepulauan Mentawai dikutip dari suara.com

"Sebarannya, 20 dirawat di Rumah Sakit M Djamil. Sepuluh orang meninggal di sini. Lalu ada satu pasien di RSUD Rasyidin dan satu pasien lain di RSUD Mentawai. Keduanya juga meninggal, sebelum sempat dibawa ke Padang," katanya.