Presiden: Prestasi Zohri Modal Indonesia Berjaya di Asian Games 2018

Atlet-Indonesia-menang-kejuaraan-dunia.jpg
(ISTIMEWA)

 

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang ditorehkan Lalu Muhammad Zohri asal Lombok, Nusa Tenggara Barat yang menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik IAAF U-20 di Tampere, Finlandia.

"Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang dan bangga," kata Presiden setelah menghadiri peringatan Hari Koperasi ke-71 di Indonesia Convention Centre, BSD City, Tangerang, Banten, Kamis, 12 Juli 2018.

Presiden mengatakan prestasi yang diraih oleh Zohri dan atlet-atlet cabang olahraga lainnya akan menjadi modal penting Indonesia untuk berjaya di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, Agustus mendatang.

"Kayak kemarin badminton, itu modal (untuk) Asian Games 2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games," ucapnya.

Zohri yang tidak diunggulkan, membuat kejutan dengan finish di urutan pertama dan mengalahkan Anthony Schwartz dan Eric Harrison dari Amerika Serikat, Thembo Monareng asal Afrika Selatan, dan Dominic Ashwell dari Inggris. Zohri berhasil mencatatkan waktu 10,18 detik.

Baca Juga Lalu Si Bocah Ajaib Indonesia Bersinar di Kejuaraan Dunia

Catatan waktu Zohri ini juga memecahkan rekor nasional junior 100 meter putra yang tercatat atas namanya sendiri 10,25 detik dan mendekati rekornas senior 10,19 detik atas nama sprinter Suryo Agung Wibowo.

Zohri sendiri dalam video yang diperoleh dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, menyampaikan terima kasih atas dukungan Presiden.

“Terima kasih atas doa Bapak Presiden dan seluruh rakyat Indonesia,” ucap Zohri.