Geng Seracen Catut Wartawan Riau Lewat Portal Beritanya

Geng-seracen-ditangkap-Polisi.jpg
(Polri)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sindikat penyedia konten hoax dan speech yang menamakan diri Seracen berhasil dibongkar Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Jasriadi (32), Ketua Seracen telah ditangkap pada 7 Agustus 2017 lalu di Pekanbaru, Riau.

Dikutip dari kumparan.com, JAS ini dipercaya sebagai ketua oleh geng ini karena memiliki kemampuan untuk merecovery akun anggotanya yang diblokir. Termasuk kemampuan untuk membuat akun yang bersifat real, semi anonymous, maupun akun anonymous.

Baca Juga!

Akun Sosmed Anda Dibajak? Ini Tips Mengatasi Akun Jangan Kena Bajak

Terbongkar! Grup FB Penyebar Meme SARA Bertarif Puluhan Juta Rupiah

Hasil penyidikan polisi, JAS memiliki 11 akun email an enam akun facebook yang digunakan untuk membuat grup maupun mengambil alih akun seseorang. Selain aktif di sosial media, geng ini juga memiliki sebuah portal berita www.seracennews.com.

Melalui portal berita ini, diduga JAS mencatut nama wartawan Riau sebagai salah satu reporter di situs seracennews.com yang dipimpinnya.

"Saya juga sudah dapat kabar soal itu. Yang jelas nama saya dicatut karena saya tidak bekerja di sana," kata Zukri Subayang, wartawan yang namanya masuk dalam redaksional Saracen di Pekanbaru, Kamis, 24 Agustus 2017, seperti dilansir Antaranews.com.

Nama Zukri tertera namanya dalam struktur redaksi di situs seracennews.com sebagai reporter Riau dan Pekanbaru. Padahal, menurut pengakuannya, Zukri baru kali ini mendengar nama Saracen.

Ia bahkan tidak tahu di mana kantor Saracen ini dan juga sempat menelusuri alamatnya. Di sana tertulus Jalan Kasa, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai.

"Sepertinya bukan nama saya sendiri saja yang dicatut, semalam sempat mengontak wartawan di Siak yang namanya masuk dalam situs tersebut, katanya juga tidak pernah tahu dan tidak bekerja di sana. Tidak tahu kenapa bisa nama saya ada di situ," ujar Zukri.

Pengacara Ferry Juan juga ditulis sebagai Ombudsman (pengawas) di saracennews.com. Namun, saat dikonfirmasi kumparan, Juan mengaku tidak tahu menahu soal Seracen dan mengaku sudah sering namanya dicatut kelompok-kelompok yang anti-Ahok.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline