Tak Hanya di Indonesia, Aksi Simpatik untuk Ahok Menggema di Luar Negeri

Aksi-Simpatik-Ahok-di-Papua.jpg
(ANTARA Papua)

RIAU ONLINE - Aksi unjuk rasa untuk menuntut pembebasan Gubernur DKI Jakarta Nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tak hanya terjadi di Indonesia. Seruan pembebasan Ahok juga menggema hingga ke luar negari.

Aksi menyalakan lilin, mengenakan busana hitam atau merah putih sambil menyanyikan lagu nasional juga dilakukan oleh warga negara Indonesia (WNI) untuk Ahok, di beberapa negara.

Di media sosial, sebuah poster disebar untuk aksi simpatik yang akan digelar WNI di alun-alun Nathan Philips, Toronto, Provinsi Ontario, Kanada, pada pukul 21.00 waktu setempat, hari ini, Jumat, 12 Mei 2017.

Baca Juga: Usai Aksi 1.000 Lilin, Ahokers Tinggalkan Sampah dan Kerak Lilin Begitu Saja

Di negera lain, aksi simpatik untuk Ahok juga akan digelar di Perth, negara bagian Australia Barat, pada Sabtu, 13 Mei 2017 di Taman Sir James Mitchell, Ranelagh Cress, Perth Selatan. "Calling to All WNI, For Unity," demikian bunyi poster kegiatan tersebut. tertulis pula "Pak Ahok, You'll Never Walk Alone!".

"Perjuanganmu, bukanlah seorang diri, perjuanganmu adalah perjuangan kami, untuk mewujudkan Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika," demikian sederet kata di sisi lain poster tersebut, seperti dilansir dari Liputan6.com, Jumat, 12 Mei 2017.


Acara yang digelar pukul 14.00 waktu setempat itu mewajibkan seluruh peserta yang hadir untuk mengenakan busana merah dan putih. Pada hari yang sama, WNI di Vancouver, Kanada menggelar aksi simpati bertajuk "Vancouver Pray For Indonesia, Solidarity with Ahok" di Vancouver Art Gallery, Robson Side.

Klik Juga: IPW: Polri, Jangan Sampai NKRI Terkoyak-Koyak Karena Mulut Ahok

Di Los Angeles, Amerika Serikat, sejumlah WNI juga akan menggelar aksi simpati dengan judul "Malam Keprihatinan Peradilan Indonesia" pada Sabtu 13 Mei 2017 pukul 17.00 waktu setempat.

Panitia mewajibkan peserta untuk membawa lilin sebagai tanda keprihatinan terhadap sistem peradilan di Indonesia. Selain menyalakan lilin, mereka juga berdoa bersama dan lagu nasional Indonesia akan dikumandangkan pada acara itu.

Dari Sydney, Australia dikabarkan akan digelar aksi simpati bertajuk "You'll Never Walk Alone, Justice For Ahok" di Taman Botani, Rumah Opera Sydney pada Minggu 14 Mei 2017 mulai pukul 16.00 waktu setempat hingga selesai.

Lihat Juga: Ahok Divonis Bui, Relawan Ini Kejang-Kejang Lalu Meninggal

Aksi serupa akan digelar di Taipei Main Station East Taiwan pada Minggu 14 Mei 2017. Dalam poster undangannya tercantum #Taiwan4Ahok, We Stand For Unity.

Aksi yang akan digelar pada pukul 18.00 waktu setempat itu, bertajuk "Malam Solidaritas Matinya Keadilan", dan mewajibkan siapa pun yang hadir mengenakan busana merah dan putih.

Sukai/Lika Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline