Tempat Prostitusi Terbanyak Ada di Provinsi Ini

Prostitusi.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Akhir-akhir ini, publik disuguhkan dengan tontonan terus menerus tentang penertiban Kalijodo yang terkenal sebagai salah satu kawasan prostitusi di Jakarta. Tapi, tahukan kita, ternyata lokalisasi terbanyak di Indonesia bukanlah di Jakarta. tapi di Kalimantan Timur.

 


Tak percaya? Berdasarkan data Kementerian Sosial, di Kalimantan Timur, tercatat ada sekitar 4.000 pekerja seks komersial (PSK) yang tersebar di 31 zona lokalisasi. Angka itu mengungguli Jawa Timur yang sebelumnya berada di urutan teratas. Namun karena prostitusi di Jatim banyak ditutup, maka Kalimantan Timur yang kini berada di urutan teratas.

BACA JUGA : Akhirnya, Ponpes Waria Ini Ditutup Pemda Yogyakarta

 

"Untuk itu, 31 titik lokalisasi di Kaltim harus segera ditutup semua,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur, Sabtu (27/2/2016). Ia menyebut, perputaran uang di bisnis ini sangat besar. Namun, di pihak lain, risiko kesehatan di bisnis itu juga sangat tinggi.


KLIK JUGA : Sidik Kasus Mirna, Enam Polisi Berangkat ke Australia

 

“Angka belanja PSK itu mencapai puluhan triliun rupiah. Besar sekali pengeluran itu. Ditambah lagi, Kaltim tercatat sebagai daerah pengidap HIV/AIDS yang lumayan banyak, jumlah pengidap mencapai 3.063 orang. Maka, lokalisasi harus segera ditutup,” kata dia.

 

Ia mengunjungi Kutai untuk melihat langsung kondisi lokalisasi KM 10 Loa Janan. Khofifah ingin memastikan proses penutupan lokalisasi ini berlangsung damai.

 

“Mudah-mudahan, dan saya meyakini, proses penutupan lokalisasi di Kaltim tidak menimbulkan gejolak. Penutupan ini memang dilema, tapi untuk mengembalikan status sosial dan kodrat wanita para PSK, maka harus dilakukan,” kata Khofifah.

 

Ia mengatakan, pemerintah menargetkan Indonesia bebas lokalisasi prostitusi pada tahun 2019. Hingga saat ini, sudah ada 68 titik lokalisasi di Indonesia yang sudah ditutup. Masih ada 100 titik lagi yang akan ditutup.