Dansatgas TNI Berasal dari Divisi I/Kostrad

pasukan-tni.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/IZDOR)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masa tugas Kolonel Inf Dwi Suharjo sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Karhutla TNI, resmi hari ini berakhir ditandai dengan serah terima jabatannya kepada pengganti baru, Kolonel Inf Dendi Suryadi.

 

Dengan sertijab tersebut menandai berakhirnya tugas 1.000 lebih prajurit TNI dari tiga matra, TNI AD, AU dan AL, untuk memadamkan api di hutan dan lahan gambut milik korporasi maupun pribadi. Pasukan setingkat batalyon itu didatangkan satu hari usai Plt Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman menetapkan Riau Darurat Pencemaran Udara Akibat Asap. (Baca Juga: Geng Motor Lindas Kopda Dadi Santoso

 

Kepala Penerangan dan Pustaka (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin, Mayor Sus Rizwar mengatakan, komandan satgas baru telah turun dari pesawat Hercules di sortie pertama.

 

"Tadi Dansatgas baru sudah turun dari Hercules dan langsung masuk menjumpai Dansatgas lama untuk laporan," ujar Rizwar kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa (26/10/2015) siang.

 

Rizwar menjelaskan, pengganti Dansatgas lama memang harus satu pangkat dengan Kolonel karena sifatnya membawahi satu pasukan bataliyon. "Juga untuk komandan memang selalu dari Infanteri," urainya. (Klik Juga: Jikalahari: Baru 2 Korporasi Tersangka, Indikasi Polda Riau Ditekan

 

Kapentak mengatakan kemungkinan besar Kolonel Inf Dwi Suharjo akan pulang esok pagi pada kelompok pemulangan yang terakhir. "Komandan biasanya pulang paling terakhir. Kemungkinan besar ya besok lah," ujarnya. 

 

Informasi dirangkum, Kol Inf Dendi Suryadi merupakan Asisten Teritorial (Aster) Divisi I/Kostrad di Cilodong, Jawa Barat. Sedangkan Kol Inf Dwi Suharjo juga menjabat di divisi serupa, Asisten Intelijen. 

 

Dendi merupakan anak dari ayah berdarah Sunda dan ibu keturunan Dayak. Lahir dan masa kecilnya di Jambi, kemudian pindah ke Kalimantan Timur (Kaltim). Di sini, ia menyelesaikan pendidikan SMP dan SMA, sebelum mendaftar ke Akabri melalui Bandung, Jawa Barat. (Lihat Juga: Dikritik Habis-habisan Soal Asap, Jokowi Percepat Pulang

 

Sebelum di Divisi I/Kostrad, Dendi juga pernah menjabat Komandn Kodim di Tenggarong, Kaltim. Tak hanya itu, ia juga pernah menjadi Komandan Batalyon Infanteri 221/Kostrad pertama kali di Gorontalo.