Jarak Pandang 100 Meter, Bandara SSK II Kembali Ditutup

Kabut-Asap-Selimuti-Pekanbaru.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sudah tak terbilang hari lagi aktivitas Bandar Udara Sultan Syarif Kasim II (SSK II) Pekanbaru lumpuh akibat asap. Padahal, Presiden Joko Widodo sudah berjanji dua pekan asap baka sirna saat ia berkunjung ke Riau, Jumat (9/10/2015) silam. 

 

Hari ini, Senin (19/10/2015), penerbangan dari dan menuju Bandara SSK II Pekanbaru lumpuh total hingga pukul 10.00 WIB ini. Hingga jarum jam menunjukkan angka tersebut, jarak pandang di Pekanbaru dan landasan pacu masih berada di angka 100 meter. (Baca Juga: Kembali, Jokowi Berjanji 2 Pekan Api Padam

 

Jarak ini adalah paling buruk dalam sepekan terakhir setelah seminggu asap mulai menipis di Riau. Staf Airport Duty Manager Bandara SSK II, Hasnan mengatakan, jarak pandang masih 100 meter sejak pukul 06.00 WIB tadi.

 

"Hingga sekarang jarak pandang belum membaik di bandara. Kalau sampai siang nanti jarak belum naik sampai 1000 meter, kemungkinan bandara akan lumpuh lagi," ujar Hasnan khawatir, Senin pagi. (Klik Juga: Mundung: Jokowi Telah Berbohong ke Rakyat Riau

 

Ia menjelaskan, hingga pukul 08.00 WIB, seharusnya telah 8 penerbangan mendarat dan terbang. "Seharusnya sudah ada 3 pesawat mendarat dan 5 pesawat terbang pagi ini. Namun karena jarak pandang masih sangat terbatas, penerbangan jadi tak bisa dilakukan," ungkap Hasnan.

 

Sebelumnya, residen Joko Widodo tampaknya tak puas hanya sekali saja berjanji padamkan api kebakaran hutan dan lahan di Riau paling lambat dua pekan mendatang. Kali ini, kembali Jokowi berjanji asap di Sumatera akan padam dalam waktu dua pekan mendatang. (Baca Juga: Jokowi Jangan Cuma Selfie di Rimbo Panjang

 

Janji tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat berkunjung melihat-lihat sisa-sisa kebakaran lahan gambut di daerah Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Jumat (9/10/2015). 

 

"Dalam seminggu ini kita akan fokuskan pemadaman api di Sumsel karena asap Sumatera termasuk Riau kan kiriman dari sana," ujarnya kepada para jurnalis saat melihat-lihat lahan bekas terbakar, Jumat sore. (Lihat Juga: Jokowi Datang, Warga Pingsan Diinjak-injak Polisi)

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline