JK Persilahkan Singapura Bantu Atasi Kebakaran Lahan

Wapres.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE, NEW YORK - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pemerintah Indonesia terbuka kepada negara mana pun termasuk Singapura jika ingin membantu memadamkan kebakaran hutan di Tanah Air untuk menghilangkan asap.


"Silahkan saja kami terbuka. Singapura bisa ikut lihat sendiri. Singapura, silahkan kalau mau membantu. Jangan hanya bicara," kata Wapres Jusuf Kalla di New York, Amerika Serikat, Minggu 27 September 2015.


Sebelumnya Singapura mengajukan protes ke Indonesia terkait asap kebakaran hutan yang mulai berimbas ke negara tersebut. Jusuf Kalla menjelaskan selama ini pemerintah Indonesia sudah berusaha keras untuk memadamkan api. Namun, sulit untuk memadamkan kebakaran hutan dalam waktu singkat. (BACA JUGA: IPW Imbau Polisi Tak Lakukan Rekayasa Kasus Karhutla)


"Persoalannya kebakaran di Indonesia selain cuaca yang panas, juga dibantu dengan angin," kata Jusuf Kalla.



Dia mencontohkan kasus kebakaran hutan di California, Amerika Serikat yang juga sulit untuk dipadamkan dalam waktu singkat. "Segala usaha yang mampu kami lakukan, harus dilakukan, karena ini efeknya sudah ke negara lain, kalau negara-negara lain merasa ingin ikut membantu silahkan," tuturnya. 


Sementara itu, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berujar, telah berkomunikasi dengan Menlu Singapura untuk menjelaskan langkah-langkah yang sudah dijalankan Indonesia. "Indonesia sangat serius menyelesaikan masalah kebakaran hutan, dan akan dibarengi dengan penegakan hukum serta pendidikan," kata Retno. 

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline