JK Dirawat, Ini Sebabnya

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla dirawat di rumah sakit sejak kemarin hingga pagi ini, Kamis (10/9). JK menjalani operasi pemasangan ring di jantungnya.

 

Sejak setahun belakangan, ini bukan kali pertama JK menginap di RS. Ia pernah menjalani rawat inap pula saat masa kampanye Pemilihan Presiden akhir Juni 2014.

 

Malam itu, Minggu (29/8/2015), JK dibawa ke RS Abdi Waluyo, Menteng, Jakarta Pusat. Kala itu JK baru saja mengikuti debat calon wakil presiden melawan rivalnya, Hatta Rajasa yang pada Pemilu 2014 maju bersama Prabowo Subianto.

 

JK hanya semalam menginap di RS Abdi Waluyo. Senin siang ia sudah keluar, masih dengan pakaian yang ia kenakan saat berdebat dengan Hatta pada Minggu malam.

 

JK tampak baik-baik saja saat keluar dari RS. Ia mengatakan hanya lelah karena kegiatan kampanye yang padat. Menurut JK saat itu, sudah seminggu ia tidak pulang ke rumah gara-gara sibuk kampanye.

 

Tim dokter memberi JK vitamin untuk memulihkan kesehatannya. “Saya sehat kok, masih bisa jalan 10 kilometer,” ujar JK saat itu, setengah bercanda.


 

Lantas 13 bulan berlalu dan JK kini menjabat Wakil Presiden. Kemarin pria berusia 73 tahun itu kembali masuk RS. Kali ini ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, yang tak terlalu jauh dari rumah dinasnya.

 

Semula, kata JK saat keluar dari RSCM, dia hanya berniat mengecek kesehatannya sambil lalu. JK yang kemarin pagi berceramah di Universitas Indonesia, Salemba, memutuskan pergi ke RSCM yang dekat dengan Salemba.

 

Namun ternyata tim dokter RSCM meminta JK untuk sekaligus melakukan pemeriksaan menyeluruh dan menginap semalam. Sang Wakil Presiden kemudian dipasangi ring di jantungnya. Ring ini biasa dipasang untuk mengatasi penyumbatan pembuluh darah.

 

Tim Dokter Kepresidenan Aziz Rani menyatakan, pemasangan ring di jantung merupakan hal biasa untuk menjaga kesehatan seseorang. Menurutnya, banyak pasien memasang ring di RSCM sebagai terapi.

 

JK meminta sakitnya tak dibesar-besarkan, sebab banyak orang yang mengalami sakit serupa dengannya. Ia mengakui memang agak capek kemarin.

 

Saat dijenguk Presiden Jokowi selama 30 menit semalam, ujar JK, kondisinya pun belum terlalu baik. Namun JK sempat berbincang dan bercanda dengan Jokowi.

 

Seperti saat tahun lalu masuk RS, kali ini pun JK hanya semalam menjalani rawat inap. Total 20 jam ia berada di RSCM. Sepanjang waktu itu, ujar JK, proses pemasangan ring di jantung terhitung sebentar, hanya setengah jam. Sisanya banyak ia habiskan untuk tidur.

 

Pagi ini juga JK telah kembali ke rumah dinasnya, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. Ia membatalkan seluruh agendanya hari ini dan tak disarankan tim dokter untuk keluar rumah hingga hari Minggu. Seluruh kegiatan JK tiga hari ke depan dipusatkan di kediamannya saja, sekadar untuk menerima tamu.

 

Agenda kenegaraan JK pun langsung dipangkas oleh Istana Wakil Presiden demi memberinya cukup waktu untuk beristirahat dan memulihkan kondisi.

 

JK mengatakan, wakil presiden juga manusia biasa yang bisa sakit. Ia berharap semua pihak bisa memaklumi hal itu dan tak bicara macam-macam soal sakitnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline