Jokowi Lantik Enam Menteri Baru, Siapa Tergusur?

Pelantikan-Menteri.jpg
(TEMPO/Subekti)

RIAUONLINE, JAKARTA - Presiden Joko Widodo siang ini resmi melantik enam menteri baru di dalam jajaran kabinet kerja, Rabu, 12 Agustus 2015. Dalam pelantikan yang berlangsung di Istana Negara siang ini, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 79/P/2015 tentang penggantian beberapa menteri.


Dilansir RIAUONLINE.CO.ID dari laman Tempo.co. Enam menteri baru yang dilantik itu adalah Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian, Rizal Ramly sebagai Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan yang akan merangkap jabatan sebagai Menkopolhukam dan Kepala Kantor Staf Presiden.

 

Sofjan Djalil juga dilantik untuk menggantikan Andrinof Chaniago sebagai Kepala Bappenas sementara Rachmat Gobel digantikan oleh Tom Lembong. Pramono Anung diangkat untuk menggantikan Andi Widjajanto.Keenam menteri mengucap sumpah di depan Presiden dan rohaniwan di Istana Negara, Jakarta.

 


Menteri yang diberhentikan adalah Menteri Koordinator bidang Perekonomian Sofjan Djalil, Menteri Koordinator bidang Maritim Indroyono Susilo, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno. Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Kepala Bappenas/Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago dan Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto juga masuk dalam daftar menteri yang diganti.

 

Pelantikan juga dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Ketua Partai NasDem Surya Paloh, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro dan anggota kabinet kerja lainnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline