Fenomena Supermoon, Hanya Fase ini yang Bisa Tampak di Riau

Supermoon.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi Kimatologi dan Geofisika (BMKG) sudah memperkirakan bahwa peristiwa langka Supermoon yang bisa dinikmati awal hingga tengah malam besok, Rabu 31 Januari 2018.

Namun, bulan super ini hanya akan bisa dinikmati di beberapa pulau di Indonesia saja. Wilayah itu diantaranya Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara
Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Sementara untuk Riau, menurut Kepala BMKG stasiun Pekanbaru, Sukisno hanya bisa menikmati beberapa proses pembentukannya saja.

Baca juga:

Kemenag Serukan Shalat Khusuf Saat Gerhana Bulan 31 Januari 2018

Malam Ini, Warga Pekanbaru, Kuansing Dan Pelalawan Bisa Lihat Supermoon

"Yaitu fase mulai hingga fase sebagian. Semuanya itu bisa disaksikan pada pukul 17.49 WIB sampai 18.48 WIB," katanya dalam siaran pers, Selasa, 30 Januari 2018.

Tambahnya, fase pembentukan gerhana bulan atau Supermoon penuh itu dimulai dari gerhana mulai, sebagian mulai, total mulai, puncak gerhana, gerhana total berakhir, sebagian berakhir dan berakhir.

Wilayah lainnya senasib dengan Riau yang tak bisa menyaksikan secara penuh peristiwa langka itu seperti seluruh wilayah Sumatera dan sebagian pulau Jawa seperti Jawa Barat dan Tengah.

Gerhana total atau Supermoon merupakan peristiwa yang dapat diprediksi sebelumnya dimana terjadi ketika terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahayanya tidak sampai ke bulan yang hanya terjadi pada saat bulan purnama. (1)

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id