Aktual, Independen dan Terpercaya


Pekanbaru Diguyur Hujan, Kualitas Udara Membaik

Indeks-Standar-Pencemaran-Udara-ISPU.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID)

 

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rabu (9/9/2015) dini hari tadi, dimulai Pukul 03.00-06.00 WIB, Kota Pekanbaru diguyur hujan lebat. Setelah beberapa minggu dan beberapa kali dilakukan Shalat Istisqa' oleh berbagai pihak, akhirnya hujan mengguyur Pekanbaru sehingga asap mulai menipis.

 

Hujan pagi tadi menyebabkan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menunjukkan kualitas udara Pekanbaru masih berada pada level berbahaya. Pasalnya indikator ISPU berlaku dari Pukul 15.00 WIB kemarin hingga Pukul 15.00 WIB hari ini.

 

"Terlepas Rabu hingga Kamis memang kondisi atmosfer lembab yang berpotensi hujan, kekuatan doa dan Shalat Istisqo menurunkan hujan di Pekanbaru. Semoga berkah," kata Riri Darjuno, analis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Riau kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu (9/9/2015).

 

Selain itu, jarak pandang yang sebelumnya dibawah 1000 meter kini meningkat menjadi 1500 meter untuk wilayah Pekanbaru, 2 kilometer di Kabupaten Pelalawan, 3 kilometer di Kota Dumai. Namun sayangnya, di Kabupaten Rengat hanya 500 meter saja.

 

Satelit Terra dan Aqua BMKG juga memantau 283 titik api di Sumatera dan 34 diantaranya terdapat di Riau, yakni Indragiri Hulu 21 titik, Indragiri Hilir 6 titik, Pelalawan 5 titik serta Bengkalis dan Kuansing masing-masing 1 titik.



"Secara umum cuaca wilayah Provinsi Riau cerah berawan disertai kabut asap. Peluang hujan dengan intensitas ringan tidak merata pada siang atau sore hari terjadi di wilayah Riau bagian utara, tengah dan pesisir timur," kata Kepala BMKG Provinsi Riau, Sugarin.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline