Kepala BPBD Riau Kaget Lonjakan Titik Api

Kebakaran-Hutan-dan-Lahan.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kabut asap di Riau makin hari makin tebal. Menurut hasil laporan dari BMKG, jumlah titik api di Riau, Jumat (10/7/2015) lalu mencapai 136 titik tersebar di hampir seluruh kabupaten kota.

 

Ini merupakan jumlah terbesar selama bulan ini. Padahal hari sebelumnya, Kamis (9/7/2015), hanya ada empat  titik api saja. Juga jika dirata-ratakan perhari hanya belasan titik api saja.

 

(Baca Juga : Hujan tak Turun Walau Telah Semai Garam 34 Ton

 

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, lonjakan drastis tersebut merupakan hal sangat tidak normal.


 

Ia mengatakan, kebakaran alami tidak akan bertambah sebanyak itu dalam waktu semalam. Ia yakin lonjakan tersebut diakibatkan kebakaran secara disengaja.

 

"Kita sangat yakin pertambahan jumlah hotspot yang begitu besar dalam waktu semalam bukan terjadi secara alami, namun ada faktor kesengajaan," kata  Edwar ketika ditemui di Posko Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Jumat (10/7/2015) lalu. 

 

(Baca Juga : HTI Penyumbang Terbesar Titik Api

 

Lelaki berperawakan tinggi itu menjelaskan, sangat mungkin sekali orang-orang tak bertanggungjawab membakar lahan secara bersamaan sehingga melonjaklah jumlah titik api sebelumnya hanya hitungan jari tersebut.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline