Masuki Kemarau, Riau Siaga Darurat Karhutla hingga 30 November 2024

Manggala-Agni-padamkan-karhutla.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Provinsi Riau berstatus Siaga Darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sejak 13 Maret hingga 30 November 2024 mendatang. 

Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal, Kamis, 14 Maret 2024.

Edy menjelaskan status Siaga Darurat Karhutla ditetapkan setelah dua kabupaten/kota di Riau menetapkan status tersebut, yakni Kabupaten Bengkalis dan Kota Dumai. 


"Setelah ditandatangani atau disetujui oleh Pj Gubernur Riau, maka  Provinsi Riau resmi diumumkan berstatus Siaga Darurat Karhutla hingga 30 November 2024," ujarnya. 

Menurutnya, penetapan status Siaga Darurat Karhutla dilakukan menyusul peralihan musim menuju kemarau berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Sehingga antisipasi Karhutla dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien. 

"Dengan telah ditetapkan status ini, maka dalam penanganan dan penanggulangan bencana kebakaran di Riau bisa lebih maksimal. Sebab saat ini wilayah pesisir Riau sudah dilanda musim kemarau," pungkasnya.